Cokelat Panas (Hot Chocolate)


Assalamu'alaikum ^^
#resep

Sebenarnya resep hot chocolate ini pernah aku share sebelumnya di sini. Hanya saja, resep yang ini sedikit berbeda. Selain itu aku menggunakan susu sapi murni untuk yang saat ini. Sedangkan pada resep sebelumnya, aku menggunakan susu UHT.

Bermula dari kedatangan salah seorang sales susu sapi murni dari Peternakan Cahaya Fresh Milk Karomah yang menawarkan susu murni, jadilah secangkir cokelat panas ini. Aku tertarik dengan tawarannya, susu sapi murni, karena seketika ingantanku kembali pada kenangan belasan tahun lalu. Saat itu aku masih kecil. Ya, tepatnya ketika aku masih kecil, mamaku sering membelikan susu sapi murni untukku dan saudaraku. Tidak banyak. Tidak setiap hari. Tapi setidaknya seminggu sekali. Begitu mama pulang dari pasar, beliau akan menghangatkan susu sapi yang dibawanya dan membagikannya kepada kami berempat. Saat itu rasanya enak sekali.


Tiba-tiba aku ingin sekali mencobanya lagi.

Begitu susu sapi murni aku terima, aku terpikir untuk mengolahnya menjadi minuman cokelat panas. Ya, tentunya aku sudah meminumnya seteguk dua, sebelum mengolahnya. Rasanya creamy, gurih. Benar-benar segar! Susu dikirim ke rumahku dalam keadaan hangat. Jika tidak ingin mengolahnya, bisa langsung diminum.

Eniwei, dalam banyak hal, bagiku, makanan dan minuman adalah memori. Kenangan bersama keluarga tercinta, terutama mamaku (semoga Allah menjaganya di sana).

Oke, cukup nostalgianya!
Untuk membuat secangkir hot chocolate, kita hanya membutuhkan dark chocolate, susu sapi segar, dan kayu  manis bubuk. Tentu saja kamu dapat menambahkan 1 sdm madu atau simple syrup jika suka.

Bagaimana cara membuatnya?
Cincang 50 gram cokelat masak pekat (DCC) menjadi bagian-bagian kecil, tempatkan dalam sebuah mangkok tahan panas (bisa juga lansgung dimasukkan ke dalam cangkir). Didihkan 250 ml susu sapi segar, tuang ke dalam wadah berisi cokelat, aduk hingga cokelat leleh dan rata. Bubuhkan sekitar 1/4 sdt bubuk kayu manis, aduk rata. Tambahkan 1 sdm madu, jika suka (aku tidak menggunakannya).


Hidangkan secangkir cokelat panas dengan roti tawar bakar mentega. Rasa cokelat panasnya pas. Ada rasa manis yang diperoleh dari dark chocolate. Dan tentu saja rasa gurih dari susu sapi murni ini membuatnya sangat istimewa. Creamy, nyoklat, dan hangat. Hmm, perpaduan yang sempurna! Kalau kata orang Minang, nggak nyadar deh mertua lewat! Hehe, ini sih makan Bareh Solok, ya.

Aha, hampir lupa.
Roti bakar mentega. Yang dibutuhkan hanya roti tawar dan mentega. Bisa juga diganti dengan margarin. Oles kedua sisi roti tawar dengan mentega, panggang di wajan anti lengket yang sudah dipanaskan. Jangan lupa dibalik, agar matangnya merata.

Mau cara lebih gampang?
Oles kedua sisi roti tawar dengan mentega, masukkan ke dalam toaster, atur suhu, pencet tombolnya, dan tunggu rotinya 'melompat' keluar^^.

Selamat menikmati!
Oh, maksudnya selamat mencoba!

Comments

Popular Posts