Bolu Kukus NCC


Assalamu'alaikum ^^
#sumringah
#resep

Setelah melewati pencarian yang panjang, saking kepengen bisanya sampai-sampai lupa menggunakan kata kunci andalan ketika gooling, akhirnya aku takhlukan juga si bolkus nan merekah indah ini. Berawal dari profil BBM-ku, si bolu kukus mingkem yang sukses tertawa lebar, eh, ada temanku yang suka. Dia pesan untuk snack kegiatan di gereja hari Sabtu kemaren.

Bingung, dong. Selama ini bikin bolu kukus mekar selalu berakhir mingkem dengan suksesnya. Dan entah kenapa pula beberapa hari yang lalu ketika membuat bolu kukus karakter, dia malah mekar dengan indahnya. Ternyata ada hikmahnya juga si karakter itu mekar, jadi ada yang memesan. Alhamdulillah.

 

Balik lagi ke cerita.
Nah, layaknya lembaga peradilan tempat aku bekerja yang tidak boleh menolak perkara maka akupun sebagai bakul kue rumahan, juga pantang menolak pesanan, hahaha. Selama tidak berbenturan dengan jadwal kantor tentunya. Di tengah kebingungan itu tiba-tiba muncul ide untuk googling resep menggunakan kata kunci 'bolu kukus NCC', padahal selama ini kalau googling resep selalu saja pakai kalimat 'bolu kukus mekar, bolu kukus mekrok, bolu kukus ketawa, dan teman-temannya. Aku menemukan resep bolu kukus NCC di blognya mba Nina 'Catatan Nina'. Terimakasih sekali Bu Fat dan Mba Nina, #bighug.

Sesampainya di rumah, hari itu hari Jumat, aku langsung eksekusi setelah melengkapi kekurangan bahan. OMG, ketika mengintip proses mekarnya si bolu ini di dalam klakat, aku sampai meloncat-loncat kegirangan, hohoho. Makin cinta deh sama NCC, #kiss. Tapi hasil kue malam itu niatnya memang untuk trial and error. Jadi ketika kakakku datang, si bolu cantik berpindah tangan lebih dari separuhnya untuk keponakanku di Bekasi sana. Alhamdulillah bisa berbagi.

Saat mengerjakan bolu kukus keesokan harinya, nyaris tidak ada kendala. Si bolu mekar dengan sempurna. Waktu pengerjaannyapun tidak lama. So, mau mencoba juga?


Bolu Kukus NCC
by Fatmah Bahalwan

Bahan:
500 gr terigu protein sedang
450 gr gula pasir
4 butir telur
300 ml sprite
1,5 sdt baking powder
1 sdm cake emulsifier

Pasta pandan secukupnya
Pasta blackforest secukupnya
Pasta stroberi secukupnya


How To:
1. Panaskan kukusan hingga beruap banyak;
2. Kocok semua bahan menjadi 1 hingga mengembang dan kental;
3. Sisihkan 3 mangkok adonan, beri masing-masing pasta, aduk rata;
4. Siapkan loyang bolu kukus dan alasi dengan paper cup. Tuang adonan putih hingga 3/4 cup, beri adonan cokelat/hijau/pink. Tuang lagi adonan putih dan terakhir adonan berwarna hingga penuh;
5. Kukus dengan api besar selama 10-15 menit.

It's so easy, dear. So, by for now ^^
Salam...

Comments

  1. Hallo mbak, cantik sekali bolunya. Saya mau tanya bentuk cetakan bolu kukusnya seperti apa ya? Saya beli di pasar, bagian bawahnya kecil (ramping) jadi hasilnya gak cantik di bagian bawahnya kempes

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pake cetakan muffin mba.
      Maaf ya mba agak lama balesnya ^^

      Delete
  2. mba sprit kira2 bisa diganti apa ya? atau bisa tanpa soda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada resep bolkus yang pake air putih doang mba. Tapi aku belom nyoba sih.

      Bisa juga pake sirup.

      Kl gantinya sprite, bisa fanta dan sejenisnya.

      Delete
    2. Ada resep bolkus yang pake air putih doang mba. Tapi aku belom nyoba sih.

      Bisa juga pake sirup.

      Kl gantinya sprite, bisa fanta dan sejenisnya.

      Delete

Post a Comment

Popular Posts