Kueh Bangkit (Kue Santan Wanna Be)


IDFB Challenge #16 Kue Kering


Assalamu'alaikum ^^
Sejak bergabung dengan IDFB beberapa waktu yang lalu, challenge ini adalah yang pertama untukku. Alhamdulillah bisa ikutan juga^^. Berhubung challenge kali ini adalah kue kering, aku bisa sekaligus menyelesaikan hasrat hati untuk membuat salah satu kue kering tradisional kampung halamanku. Kue Santan!

Sejatinya banyak sekali resep kue dan masakan khas Minangkabau yang ingin aku pelajari karena ada beberapa resep yang tidak aku temukan di google. Awalnya aku berniat untuk mempelajarinya satu persatu dari Ibuku, karena hobi masak dan baking ini pastinya aku warisi dari beliau. Akan tetapi niatku tidak kesampaian berhubung Ibuku sudah dipanggil Allah menghadap-Nya akhir Agustus kemaren. Kelimpungan, dong. Masih banyak resep-resep beliau yang belum aku hafal walaupun dulu aku selalu menemaninya memasak. Gimana mau tahu kalau tugasku hanya nyemplung-nyemplungin doang, haha. Ada lagi resep yang takarannya itu kiralogi.


Kepergian Ibuku tidak menyurutkan niatku untuk mempelajari resep-resep tradisional Minangkabau, khususnya Payakumbuh, walaupun awalnya aku merasa sedikit kelimpungan. Biasanya, kalau aku ragu, aku langsung telpon Ibu menanyakan ini dan itu. Well, life must go on. Setelah mencari beberapa lama, akhirnya aku temukan salah satu blog yang memuat resep Kueh Bangkit. Ketika melihat fotonya, aku langsung ngeh, ini dia. Klik, lihat resep, almost perfect. So, hari Minggu kemaren aku eksekusi. Hasilnya? Rasa dan teksturnya sedikit berbeda. It's okay. Sedikit modifikasi akan membuatnya sempurna. Jadi, untuk resep ini, aku masih punya Pe-Er. Berikut resepnya ya...

Kueh Bangkit/Kue Santan Wanna Be
Resep dari Kitchen Tigress

Bahan:
380 gr tepung tapioka
1/2 sdm tepung terigu
50 gr daun pandan

170 gr krim kelapa (diambil dari 350 gr pati santan kelapa yang didiamkan selama 3 jam)
120 gr gula pasir
1/8 sdt garam
1 butir telur
1 butir kuning telur
5 gr butter


How To:
1. Sangrai tapioka dan terigu bersama daun pandan hingga daun pandan kering dan tepung menjadi ringan. Buang daun pandan, ayak tepung, sisihkan;
2. Campur krim kelapa, gula, dan telur, aduk rata. Masak dengan api sedang hingga gula larut sambil terus diaduk, matikan api. Tambahkan butter dan garam, aduk rata, saring, biarkan dingin;
3. Pisahkan 20 gr tepung;
4. Tuang adonan krim kelapa (315 gr) ke dalam sisa tepung (315 gr), uleni hingga membentuk dough, diamkan 10 menit;
5. Panaskan oven pada suhu 160'C dan alasi loyang dengan baking paper serta taburi tepung, tipis saja;
6. Giling adonan hingga ketebalan tertentu yang diinginkan, potong-potong sesuai selera, panggang dalam oven selama kurang lebih 15 menit;
7. Dinginkan, simpan dalam toples kedap udara.

Note:
a. Tepung yang dipisahkan seberat 20 gram digunakan untuk taburan loyang dan taburan taburan alas tempat menggilas adonan. Jika terasa lengket, balurkan juga tepung ke rolling pin;
b. Kue kering ini sangat rapuh, so handle with care. Sekali sudah ditata di dalam toples, jangan dikeluarkan lagi kecuali untuk dimakan.

Bye for now, selamat mencoba ^^
Wassalam...

Comments

  1. Ewiii..makaish udah ikutan challenge Cookies yaa...aku copas resepnya kapan2 mau coba bikin heheheheh....suka banget sama kue ini, kerennn !

    Elsye
    IDFB

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mbaa...
      Ngga sabar sama challenge berikutnya mba :D

      Delete

Post a Comment

Popular Posts