Rainbow Birthday Cake; Hello Kitty

Assalamu'alaikum^^

Setelah sekian lama, ada lagi yang memesan rainbow cake nih ke Uni Cakes^^. Kue ini di pesan oleh salah seorang teman kakakku yang berdomisili di Kayu Manis. Kue ulang tahun untuk anak perempuannya bernama Tiara. Yang memesan namanya siapa ya? Hehehe, aku sampai tidak terpikir untuk menanyakan hal itu. Yang pasti sih kontak BBM-nya tertulis Mutyaramedina. Tyara dan Medina adalah nama anak perempuannya.

 
Kue ini dipesan 2 hari sebelum hari H. Dan untuk hari yang sama aku sudah ada 2 pesanan lainnya, yaitu cakepops dan cupcake set of 6. Untungnya pesanan ini dan pesanan lainnya diantar hari Senin, sehingga banyak waktu yang tersedia untuk mengerjakannya pada hari Minggu. Belajar dari pengalaman sebelumnya, aku berusaha untuk mengatur waktu sedemikian rupa sehingga aku tidak perlu begadang hingga larut atau dini hari. Ya, setidaknya pukul 11.00 WIB malam aku sudah bisa tidur.
Ketika mengerjakan orderan rainbow cake ini ada sedikit masalah. Aku ingat punya loyang 22x22 cm tapi ternyata yang aku punya adalah loyang kotak ukuran 24x24 cm. Sempat terpikir untuk keluar membeli loyang kotak 22x22 cm. Berhubung suamiku tidak di rumah, aku pikir akan memakan waktu lama bagiku untuk ke pasar. Akhirnya aku coba menghubungi kostumer dan menjelaskan persoalannya. Alhamdulillah dia setuju ukuran kuenya dirubah dan dengan konsekuensi harganya sedikit lebih. Alhamdulillah.

Soal resep... Sebelumnya aku pernah membuat rainbow cake untuk ulang tahun suamiku sekalian sebagai resep yang aku setor pada event NCC Rainbow Weeks menggunakan resep Martha Stewart. Belakangan aku menyadari bahwa aku sedikit tidak beruntung dengan buttercake. Selalu saja ada endapan cairan di bagian bawah kue alias bantat. Entah apa masalahnya. Padahal, berdasarkan apa yang aku baca, buttercake adalah salah satu jenis cake anti gagal. Tidak ada waktu untuk trial and error kali ini. Walaupun begitu, tetap saja aku kehilangan 2 loyang cake karena terlalu tipis. Ceritanya salah konversi, hahaha.

Ya, awalnya aku mau membuat rainbow ini dengan resep dari blog mba Shirley. Karena hasil konversi 'ngasalku' gagal, aku putuskan untuk menggunakan resep spongecake NCC saja. 3 telur untuk 1 loyang ukuran 24x24 cm. Hasilnya seperti pada gambar^^. Agak kecewa pada adonan merah. Aku pake pewarnan Wilton yang red red, tapi hasilnya malahan jadi pink. Aku sudah memakai cukup banyak, menurutku. Pemakaian warna yang banyak ini juga akhirnya menjadikan kue yang lapisan merah/pink menjadi lebih tipis dari yang lainnya dan teksturnya lebih padat walaupun bukan bantat.

Untuk creamnya aku menggunakan buttercream Hollman karena tidak ada cukup waktu untuk membuat buttercream sendiri. Sebagai alternatif, aku juga menyediakan whipping cream Haan. Jaga-jaga saja kalau aku merasa tidak cocok dengan Hollman. Soalnya kostumerku bilang, 'creamnya jangan yang nempel di langit-langit ya, mba', alias ngendal. Aku sedia Haan karena aku belum pernah menggunakan Hollman sebelumnya. Selalu Haan yang aku pakai. Sekali waktu pernah aku pakai Rich. Tetap, aku balik lagi menggunakan Haan. Sedangkan untuk yang dairy aku lebih sering menggunakan Anchor. Sebagai topper, yang diminta adalah Hello Kitty. 1 kitty besar dan 5 kitty kecil. Kitty besarnya, selain sebagai topper ternyata juga adalah celengan. Kitty kecilnya aku pilih yang bervariasi sebagaimana pada gambar.

Foto terakhir si birthday girl dan ibunya. Cantik ya^^.

Comments

Popular Posts