Nasi Kuning


Assalamu'alaikum ^^
#resep

Alhamdulillah, anugerah dan karunia Allah senantiasa bersama kami dalam menjalani bahtera kehidupan. Beberapa hari yang lalu, Pak Suami berulang tahun yang ke-28 (I will be soon). Jika biasanya aku membuat cake, cupcake, atau pudding maka kali ini berbeda. Aku ditantang membuat tumpeng (tentunya dengan nasi kuning). Secara ya, punya suami orang Jawa. 

Sebagai anak gadih Minang, tentu saja dalam tradisiku tidak ada yang namanya nasi kuning. Jadi normal dong ya, kalau aku nggak pernah bikin sajian yang satu ini. 

Merasa tertantang? Absolutely, yes!

Dan, ini dia tumpeng perdanaku. Versi personal aja. Ga ada yang makan juga kalau dibikin yang segede tampah :D

And, here you go! Personal tumpeng versi anak rantau Minang. Lauknya suka-suka, yang penting gampang dimasak, cemplang-cemplung, jadi! Berhubung resep lauknya cemplang-cemplung oke, maka kali ini aku mau share tentang nasi kuningnya aja ya, guys.

Aku menggunakan resep NCC tanpa merubahnya sedikitpun. Jadi murid harus nurut dan manut dong. Terutama kalau belum pernah bikin sebelumnya. Nanti setelah trial perdana, baru boleh otak-atik resep agar lebih sesuai dengan selera keluarga. Nah, karena ngga kebayang berapa hasil akhir 1 resep nasi kuning yang ada di web NCC, jadi aja deh tuh aku eksekusi 1 resep. Ternyata, banyak banget, hahaha. Masak gitu doang ga bisa memperkirakan ya, parah! Tapi tenang, selalu ada tempat berbagi!

Here we go!
Nasi Kuning
Resep NCC

800 gram beras putih
200 gram beras ketan
1,200 ml santan dari 1 butir kelapa
1 sdm kunyit halus
2 sdm garam
4 lembar daun salam
1 lembar daun pandan
1 batang serai
1 sdm air jeruk nipis

How To:
1. Campur beras dan beras ketan, cuci bersih, tiriskan, kukus;
2. Sementara itu, campur kunyit dan santan, aduk rata, saring. Buang ampas kunyitnya;
3. Masak santan bersama daun salam, serai, daun pandan, dan garam sambil diaduk hingga mendidih;
4. Masukkan berasa yang masih panas (yang sudah dikukus) ke dalam mangkok berisi santan, aduk rata. Diamkan hingga santan terserap habis;
5. Perciki air jeruk nipis, aduk rata;
6. Kukus lagi selama 20 menit, angkat. Cetak dalam tumpeng, tata di dalam tampah/piring saji bersama lauk dan sayurannya. Sajikan.

Jangan lupa untuk melapisi cetakan tumpeng dengan daun pisang yang dioles minyak ketika mencetaknya agar nasi tidak menempel di cetakan.

Gampang, bukan?

Selamat mencoba!
Merdeka!

Comments

Popular Posts