Puding Santan Gula Merah


Assalamu'alaikum ^^
#resep

Ini dia nih, resep puding yang tak lekang dimakan waktu. Eksis dan selalu dicari. Rasanya yang ringan membuat puding ini habis dalam sekejap. Balik lagi ke cerita masa kecil. Puding ini adalah salah satu penganan yang sering dibuat mamaku. Mudah dan murah. Berikut resepnya ya.

Puding Santan Gula Merah
by Ewi Nerni

Bahan:
1 liter santan dari 1/2 butir kelapa
1 bungkus agar bubuk plain/putih
150 gram gula merah (boleh ditambahkan hingga 200 gram jika suka manis)
1 sdm gula pasir
1/4 sdt garam

How To:
1. Campur gula pasir dan agar bubuk di dalam panci, aduk rata;
2. Tuang santan perlahan sambil diaduk rata. Pastikan tepung agarnya tidak menggumpal;
3. Masukkan bahan lain, nyalakan api, dan masak hingga mendidih sambil diaduk;
4. Setelah mendidih, saring, dan tuang ke dalam cetakan.


Simpel bukan?
Oh iya, mungkin ada yang berntanya, kenapa aku selalu menggunakan 1 liter air/susu/santan untuk 1 bungkus puding? Jawabannya, karena aku merasa pas dengan konsistensi ini. Puding yang dihasilkan tidak terlalu padat dan tidak pula terlalu lembut (nanti jadi puding sutera dong).

Setelah dingin, lapisan (pati) santan dan lapisan air (bening) akan terpisah membentuk 2 lapisan yang cantik. Aku menyukainya. Aku mendapatkan 2 tekstur dan 2 rasa dalam 1 resep puding. It's amazing! Bagi kamu yang tidak suka, bisa mengakalinya sehingga lapisan santan dan air tidak terpisah. Gimana caranya? Ketika puding sudah mendidih, biarkan di dalam panci hingga uap panasnya hilang sambil sekali-kali diaduk rata. Setelah itu saring dan masukkan ke dalam cetakan. Puding kamu tidak akan membentuk 2 lapisan. Tapi jangan sampai lupa untuk mengaduknya ya. Karena kalau lupa, bisa-bisa puding kamu membeku di panci ^^.

Selamat mencoba...

Comments

Popular Posts