Tempe Orek Kering

 

Assalamu'alaikum ^^
#resep

Menu sederhana berikut bisa menggugah selera makan loh. Aku bukan penggemar tempe hingga akhirnya aku temukan olahan tempe orek kering dan basah, mendoan, dan tempe bacem. Keripik tempe, gorengan tempe, ataupun gulai tempe, aku tidak begitu suka. Walaupun aku menyukai tempe orek, tetap saja tidak semua tempe orek bisa aku terima. Tempe orek kering ala nasi tumpeng atau nasi uduk tidak cocok di lidahku karena terlalu kering. Agar hasil jadi tempe orek tidak terlalu kering, aku mengolah resep berikut sedemikian rupa sehingga cocok untukku dan keluarga (terutama untukku, hihi).

Tempe Orek Kering
by Ewi Nerni

Bahan:
1 papan tempe
5 butir bawang merah, iris tipis
2 siung bawang putih, keprek dan cincang
1 buah cabe hijau besar
1 buah cabe merah besar
50 gram gula merah/palm sugar, iris halus
100 ml air
1 sdt merica
1 sdm kecap manis
Garam secukupnya
Gula secukupnya
1 batang daun bawang, iris tipis
Minyak goreng untuk menumis secukupnya

How To:
1. Potong tempe berbentuk kotak seukuran dadu, goreng, tiriskan, sisihkan;
2. Panaskan minyak goreng, masukkan bawang merah, aduk sebentar;
3. Masukkan bawang putih, tumis hingga wangi;
4. Masukkan cabe merah dan cabe hijau, masak sebentar saja; 
5. Masukkan tempe, aduk rata;
6. Tambahkan gula merah, aduk rata;
7. Tuang air, masak hingga air habis dan bumbu mengental membentuk lapisan kristal sambil sesekali diaduk rata;
8. Masukkan merica dan kecap manis, aduk rata dan masak sebentar hingga kecap meresap. Tambahkan garam dan gula, aduk rata;
9. Matikan api dan masukkan daun bawang, aduk rata;
10. Pindahkan ke dalam mangkuk saji.

Note:
- Daun bawang lebih akan melalui proses pematangan karena uap panas dari tempe;
- Oh iya, kali ini aku tidak menggunakan cabe besar melainkan cabe keriting;
- Bawang bisa diganti dengan bawang bombay. Aku lebih sering menggunakan bawang bombay karena teksturnya masih terasa (potang kotak), jadi menurutku lebih enak ketika digigit, hehe, penggemar bawang.

Selamat mencoba^^

Comments

Popular Posts