Selai Stroberi Homemade


Assalamu'alaikum^^
#resep

Alhamdulillah, untuk pertama kalinya nih aku membuat selai sendiri. Eksekusi pertama, selai stroberi. Stok stroberi di rumah cuma 1 kotak, jadi aku buat seadanya saja. Kira-kira ada 200 gram stroberi setelah dibersihkan daunnya. Namun, resep yang aku sertakan berikut ini adalah full 1 resep. Resepnya diambil dari blog Teh Ricke Indriani.

Selai Stroberi Homemade
oleh Ricke

Bahan:
500 gram stroberi segar yang sudah dibuang daunnya
300 gram gula pasir (tambahkan hingga menjadi 400 gram jika stroberinya cukup asam)
1 buah jeruk lemon, peras airnya


How To:
1. Siapkan 1 buah botol bertutup metal, sterilkan dengan cara merebusnya di dalam air mendidih selama 5 menit, matikan api dan biarkan botol tetap terendam hingga saat digunakan;
2. Cuci bersih buah stroberi, potong menjadi beberapa bagian kecil;
3. Masukkan stoberi ke dalam panci, masak dengan api sedang hingga airnya keluar sambil sesekali diaduk;
4. Tuang gula pasir aduk rata. Masukkan air perasan jeruk lemon dan teruskan memasak dengan api kecil sambil diaduk hingga gula pasir larut. Tekan-tekan buah stroberi dengan punggung sendok agar cepat halus;
5. Besarkan api jika selai mulai mengental. Aduk hingga benar-benar mendidih, sebentar saja;
6. Angkat botol yang sedang direndam, lap hingga benar-benar kering. Masukkan selai ke dalam botol dalam keadaan panas, tutup rapat.

Tips:
Jika ingin membuat selai dengan tekstur stroberi yang masih kasar, jangan menekan buah stroberi terlalu kencang saat memasaknya. Botol yang sudah diisi selai dapat disterilkan lebih lanjut (jika perlu) dengan merebusnya 5 menit setelah diisi. Pastikan botolnya tertutup rapat.

Selamat mencoba^^
Salam

Comments

Popular Posts