Tiramisu Kukus


Assalamu'alaikum^^
#resep

Wah, sudah lama juga blog ini ngga apdet. Tapi insyaAllah selanjutnya akan diusahakan untuk apdet minimal seminggu sekali ya. Oh ya, belakangan aku sedang mengembangkan usaha cokelat, cetakan cokelat, dan kemasan cokelat dengan label Uni D Choco (silahkan klik di sini jika ingin berkunjung). Huruf D di tengah nama tersebut adalah inisial panggilan kecilku (hingga sekarang) di kampung halaman, Dewi. Yups, orang sekampung tahunya Dewi. Coba saja tanya Ewi, setidaknya mereka akan berpikir sejenak jikapun kemudian mengangguk-angguk menyadari Ewi adalah Dewi, hehe. Nah, karena beberapa kesibukan belakangan ini, akhirnya aku jarang membuat cake, puding, dan teman-teman. Kalaupun ada, aku tidak sempat mengabadikannya dengan kamera.

Kemaren sore sekitar pukul 03.00 WIB aku tiba-tiba ingin ngemil tapi merasa nggak berselera untuk membeli camilan dari luar. Buka, kulkas, ada sisa 1/2 bagian cream cheese. Aku tepikir untuk membuat tiramisu kukus yang akan dipoles dengan cream cheese. Aku langsung memanaskan kukusan, cek ketersediaan bahan, dan ternyata aku tidak punya santan kental instan. Untuk menghemat waktu, aku nyalakan mixer dan membiarkannya bekerja mengaduk telur, gula, dan tbm sementara aku membeli santan instan ke toko di belakang rumah. Ups, kompor menyala bukan tanpa pengawasan ya. Suamiku kebetulan tidak ada jam mengajar sehingga kemaren sore dia ada di rumah.


Hmm, lanjut ke resep dulu ya. Resep ini aku peroleh dari googling. Kalau nggak salah yang punya resep adalah salah seorang member grup masak Langsung Enak. Aku memodifikasi sesuai selera dan sesuai dengan bahan yang tersedia. Dan sepertinya, cake ini sudah berubah nama karena tidak ada unsur-unsur pembentuk tiramisu di dalamnya. So, mau dinamakan apa? Nanti saja ya. Berikut resep yang sudah dimodifikasi ya.

Tiramisu Kukus
oleh Uni Cakes

Bahan:
6 butir kuning telur
2 butir telur utuh
200 gram gula pasir
1/2 sdt garam
1 sdm cake emulsifier
225 gram tepung terigu protein sedang, ayak bersama
1/4 sdt baking powder
125 ml minyak sayur
125 ml santan kental instan
1 sdt pasta moka

How To:
1. Panaskan kukusan;
2. Siapkan loyang ukuran 20x7 cm, alas dengan keras roti, oles dengan minyak. Biarkan bagian sisinya tetap kering;
3. Kocok telur, gula, garam, dan cake emulsifier hingga kental berjejak dan warnanya memutih;
4. Masukkan tepung terigu, aduk balik hingga rata;
5. Tuang santan dan minyak sayur, aduk balik hingga rata;
6. Bagi adonan menjadi 3 bagian. Tambahkan masing-masing 1/2 sdt pasta ke moka dalam dua bagian adonan, aduk rata. Tuang 1 adonan ke dalam loyang, ketuk-ketuk, dan kukus selama 10 menit;
7. Buka kukusan, tuang adonan vanila (yang tidak diberi pasta) ke dalam loyang, ratakan, kukus 10 menit;
8. Masukkan 1 bagian adonan yang terakhir yang sudah diberi pasta moka, ratakan, kukus kurang lebih selama 15 menit;
9. Angkat, keluarkan dari loyang, dan biarkan hingga uap panasnya hilang.

Sebenarnya aku hendak membuat cake ini layak disebut Tiramisu Kukus dengan menambahkan krim dan bubuk cokelat di permukaannya bergitu cake ini dingin. Tapi apa daya, begitu matang, Pak Dosen langsung meminta sepotong, 2 potong, dan akupun ikut menikmati cake hangat sore itu. Jadi deh Cake Santan Kukus ini ludes 1/4 bagian. Langsung aku wanti-wanti Pak Dosen, cake ini harus bertahan hingga besok pagi untuk difoto walaupun cuma sepotong. Dan benar saja, pagi ini aku memoto 2 potong cake yang tersisa dan tentunya segera dihidangkan setelahnya, hahaha. Ah, tentu saja kami berdua tidak sanggup melahap cake sebanyak itu dalam semalam. Setengah bagian cake bermigrasi ke rumah kakakku.

Selamat mencoba^^
Salam!

Comments

Popular Posts