Jan Hagel

Almond, almond, almond. Itulah yang membuat saya tertarik membuat kue kering asal Belande ini. Saya penggila almond sodarah-sodarahh. Ada yang mau membagi almond-nya dengan saya? Feel free contact me, ^o^.

Diperhatikan, dibaca, dan direnungkan, kue kering yang satu ini sepertinya tidak terlalu ribet proses pembuatannya. Hanya saja untuk membuatnya menggunakan teknik dua kali panggang, sebagaimana nanti terlihat pada resep. Sssttt, namanya itu, saya suka ^O^

Bagaimana rasa kukis ini? Muuuacchhhhh, uenaakkk. Gini, dia itu crunchy, buttery, soft, sweet, and yang pasti, almondnya... perpaduan yang menggugah selera. Maapkeuun yang engga suka butter, manis, atau almond, hehehe. Tapi, coba deh, kukis ini, pasti (saya ga berani jamin) pada suka, wekekeke.

Berikut saya sertakan resepnya yang saya ambil dari website NCC Indonesia yaa.
Bahan:
300 gr     mentega/margarin
180 gr     gula halus
2 btr        kuning telur
350 gr     tepung terigu
50 gr       almond slice - See more at: http://ncc-indonesia.com/?p=2147#sthash.0EjjWWyz.dpuf
300 gr mentega atau margarin (saya pake mentega)
180 gr gula halus
2 butir kuning telur
350 gr tepung terigu
50 gr almond slice (saya pakai 100 gr, ^o^)

Olesan: 1 butir kuning telur kocok lepas bersama 1 sdm susu.
How To:
Kocok mentega/margarin dan gula halus hingga pucat, masukkan kuning telur, kocok terus sebentar saja. Ayakkan tepung terigu, aduk rata. - See more at: http://ncc-indonesia.com/?p=2147#sthash.0EjjWWyz.dpuf
- Kocok mentega/margarin dan gula halus hingga pucat, masukkan kuning telur, kocok terus sebentar saja, ayakkan tepung terigu, aduk rata;
- Bagi dua adonan, masukkan ke dalam loyang ukuran 25x35cm yang sudah dialasi kertas baking, gilas, ratakan.Oles permukaannya dengan campuran kuning telur dan susu, taburi almond slice;
- Panggang dalam oven dengan suhu 140 derajat celcius hingga setengah matang. Keluarkan dari oven, segera potong-potong menjadi bentuk persegi empat, olesi lagi dengan kuning telur, panggang hingga matang.


Dan sodarah-sodarah..., saya telah melakukan kesalahan yang tidak boleh terjadi pada anda yaa. Ceritanya saya membaca resep di awal dan setelahnya saya tidak ngintip-ngintip lagi tuh resep. Dalam proses pemanggangan awal saya tidak langsung mengoles permukaan adonan dengan campuran kuning telur dan susu ataupun menaburkan si almond slice ini. Jadi, itu adonan setelah saya ratakan di loyang, saya panggang. Setelah setengah matang, saya keluarkan dan saya potong-potong, olesi dengan campuran kuning telur dan saya taburi almond slice. Huaaaaaa, ternyata ini yang menjadi penyebab si almondnya banyak yang lepas. Dan parahnya lagi, saya baru nyadar pas mau posting ini lohhh. Karena saya kan harus ngetik ulang resepnya tuh, dan ohohoho, I was wrong ^o^. Besok ulangi lagi ahhh, tunggu laporannya di sini yaa.

Saya mendapatkan dua tekstur sebenarnya pada si Jan Hagel ini. Pertama crunchy di luar dan soft di dalam. Kedua, crunchy luar dalam. Kenapa bisa begitu? Jadi begini, satu adonan itu dapat dibagi ke dalam dua loyang (baca resep). Nah, karena saya dengan PeDe-nya pakai jurus kiralogi, jadilah loyang pertama tebel dan loyang kedua, TIPISS booo. Tekstur pertama saya dapatkan dari loyang pertama, dan tekstur kedua diperoleh dari loyang kedua. Nah, selanjutnya terserah anda ^o^. Maksudnya, pemirsah-pemirsah suka tekstur seperti apa, gituuu. Hanya saja, kalau melihat fotonya di web NCC, saya kok yakinnya ini kukis crunchy luar dalam ya...

Kesulitan yang saya temukan pada proses pembuatan kukis Londo ini adalah pada saat meratakan adonan di loyang karena adonanya nempel di spatula atau apalah itu untuk meratakannya. Dari diskusi di milist NCC, seingat saya Bu Fatmah Bahalwan memberikan solusi untuk meratakannya menggunakan fondant smoother (lihat di arsip milist ya).

Hanya saja, solusi yang saya temukan berbeda. Baru saja selesai baking, saya ingat, kenapa saya tidak menggunakan piping bag untuk meratakan adonan di dalam loyang? Jadi begini, adonannya dibagi dua (timbang dulu ya, jangan kiralogi juga) dan masing-masing dimasukkan ke dalam piping bag yang sudah di pasang tip polos. Kalau tidak punya, gunting saja ujung piping bag-nya dengan rapi. Nah, kan tinggal di piping tuh adonannya ke loyang. Untuk meratakannya bisa menggunakan spatula, smoother, atau loyangnya digoyang-goyang pelan-pelan. Lebih gampang begni, bukan?
*semoga bermanfaat dan laporan di sini ya, kalau udah praktik. Kita share dan saling belajar saja.
**kalau mau pesan juga boleh banged lohh

Comments

Popular Posts