Sagu Keju Karamel


Resep Sagu Keju Karamel ini saya dapatkan setelah browsing di mbah Google, dan menemukan resep ini di website Sajian Sedap. Yang membedakan sagu keju karamel ini dengan sagu keju biasanya, ya karamelnya itu. Santan yang biasa digunakan pada resep sagu keju digantikan dengan penggunaan karamel dengan takaran tertentu, sebagaimana nanti saya sertakan pada resepnya.

Saya sangat tertarik untuk membuat sagu keju karamel ini karena saya pikir, ini pasti rasanya beda dan tentunya enak karena karamelnya itu. Dan benar saja, setelah saya cicipi, enak rasanya. Hanya saja warnanya jadi cokelat, tidak bersih seperti sagu keju biasa yang menggunakan santan kental. Warnanya dapat dilihat pada foto-foto yang saya sertakan. Saya membuat dua versi, pertama persis sama dengan resep dan yang kedua, saya tambahkan esens pandan sehingga warnanya menjadi hijau.

Kenapa bentuknya seperti itu? Karena saya tidak punya tips bintang yang bagus. Yang saya punya hanya tips bintang lokal yang kalau digunakan untuk piping kukis ini, bentuknya menjadi tidak cantik. Why? Karena resep sagu keju menggunakan keju yang diparut, jadi gerindil-gerindil kejunya itu suka nempel di tips dan jadilah dia hasilnya tidak mulus. Nah, daripada engga bagus, saya putar otak dan akhirnya menggunakan tips dengan hasil seperti ini.


Berikut saya sertakan resepnya, siapa tahu ada yang mau membuatnya untuk lebaran ini. Tadinya ini saya buat sebagai tester kukis yang diminta teman. Hanya saja berhubung warnanya tidak menggoda, alih-alih memberikannya sebagai tester, saya bikin lagi sagu keju biasa untuk tester ^o^.

Bahan:
150 gram margarin
75 gram gula tepung
1/4 sendok teh garam
2 kuning telur
285 gram tepung sagu, disangrai 10 menit menjadi 250 gram, didinginkan
20 gram maizena
15 gram susu bubuk
1/2 sendok teh baking powder
50 gram keju parut, diangin-anginkan

Bahan Karamel:
65 gram gula pasir
2 sendok makan air panas

Bahan Taburan:
25 gram keju cheddar, parut (saya ga pake taburan)
How To:
  1. Karamel, panaskan gula pasir sampai larut. Tambahkan air. Aduk rata. Dinginkan.
  2. Kocok margarin, gula tepung, dan garam 2 menit. Tambahkan kuning telur dan karamel. Kocok rata.
  3. Masukkan tepung sagu, maizena, susu bubuk, dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata. Tambahkan keju parut. Aduk rata. Masukkan dalam kantung plastik segitiga.
  4. Giling adonan. Cetak adonan bentuk bunga. Letakkan di loyang yang dioles margarin. Taburkan bahan taburan.
  5. Oven dengan api bawah suhu 140 derajat Celsius 25 menit sampai matang.

Silahkan dicoba di rumah, kalau dirasa susah dan berminat, minta bikinin saya aja ^o^
*silahkan menyertakan foto-foto hasil karya saya, selama tidak mengklaimnya sebagai hasil karya pribadi anda serta menyertakan sumber dan link hidup ke blog saya, ya.

Comments

Popular Posts