Apam Dot aka Bolu Kukus Karakter



Penasaran sama apam dot ini. Selain karena karakternya yang cantik dan menarik, kegagalanku membuat bolu kukus biar ngakak menjadi faktor pendorong terbesar, hahaha. Sungguh menyedihkan. However, aku belum menyerah untuk membuatnya tertawa lebar kok, jadi tunggu tanggal mainnya ya^^.

Karena masih belum berpengalaman, aku coba karakter yang menurut banyak orang, dan menurutku juga tentunya, gampang dan cepat dibentuk. Apa itu? Si manis stroberi. Butuh 3 warna saja dan salah satunya adalah warna dasar adonan. So, pewarna yang aku gunakan adalah hijau dan merah. Kok jadinya pink? Soalnya aku pake pewarna gak banyak sehingga dapatnya warna yang soft atau pastel.

Mungkin dari para pembaca sekalian ada yang mengernyitkan dahi. Ini karakter apa? Stroberi? Kayaknya bukan, karena daunnya kayak rambut wanita dalam kartun. Karakter cewek juga bukan, masa mukanya bintik-bintik putih doang, hahaha. Ya, sodara-sodara, ini bolu kukus edisi stroberi berdaun gede^^.

Yuk, intip resepnya...

BOLU KUKUS MINGKEM
Resep asli: Majalah Rasa/Ain Rusli

Bahan-bahan:
140 gram  Tepung terigu protein sedang
1 sdt  Baking powder, diayak bersama terigu
110 gram  Gula halus
75 ml  Susu segar atau susu cair dingin (baru keluar dari kulkas)
2 butir  Telur utuh (boleh dingin boleh tidak)
1 sdt (peres) Emulsifier
1/2 sdt Perisa vanilla
Selai cair untuk filling (merk Paletta atau sejenisnya)
Aneka pewarna secukupnya (sesuai keperluan)
Optional: sketsa karakter yang akan dibuat

Cara Membuat:
1) Kocok telur dan gula halus hingga mengembang. Kemudian masukkan terigu dan baking powder yang telah diayak, berselang-seling dengan susu cair. Masukkan emulsifier dan perisa vanilla. Kocok hingga kental dan berjejak.
2) Bagi adonan menjadi beberapa bagian, beri pewarna ke masing-masing bagian. Masukkan masing2 warna ke plastik segitiga (piping bag).
3) Semprotkan adonan ke cup hingga memenuhi 1/2 cup, beri filling dengan cara dispuit melingkar seperti obat nyamuk, tuangkan lagi adonan yang sama hingga cupnya hampir penuh. Beri hiasan sesuai desain yang diinginkan.
4) Kukus selama 10-15 menit hingga matang.

Tips dan Trik:
- Isi cup hingga penuh untuk menghasilkan permukaan bolkus yang nge-dome
- Nyalakan api saat kita sudah 3/4 selesai menghias
- Untuk awal, gunakan api besar. Setelah adonan masuk kukusan, kecilkan menggunakan api sedang-kecil.
- Ketika menghias bolkus, lakukan dengan cepat. Adonan yang terlalu lama dibiarkan di luar akan berlubang-lubang permukaannya sehingga hasilnya pun kurang cantik.


Dan, setelah nyicip hasilnya, bagiku, bolu kukus ini terlalu manis. Untuk aku yang tidak suka terlalu manis lho ya. Bagi teman-teman yang tidak suka manis juga seperti aku mungkin bisa mengurangi takaran gulanya. Hanya saja aku terpikir satu cara lain, yaitu dengan men-skip selainya atau gunakan selai yang rasa manisnya tidak terlalu dominan bagi yang khawatir bolu kukusnya mekar.

Apapun itu, mari terus berbagi kelezatan ^__^ 

Comments

Popular Posts