Lapis Surabaya

Urrggghhh, sudah lebih dari seminggu blog ini ngga update. Biasalah, sindrom blogging blue^^. Padalah ada beberapa resep yang seharusnya sudah dishare pada hari-hari sebelum ini. Eniwey, inilah saatnya, ketika semangat berkobar (walaupun ngantuk), hahaha.

Lapis Surabaya tentu tidak asing di telinga kita. Cake tiga layer (kuning-cokelat-kuning) dengan selai stroberi nan segar. Banyak resep yang sudah berseliweran di website dan hampir semua toko kue menyediakan menu ini dalam bentuk slice atau utuh. Cake ini, dalam ukuran 22x22x4 cm terbuat dari 30 butir kuning telur sehingga harga tidaklah dapat dikatakan murah. Hampir menyamai jumlah kuning telur yang dibutuhkan untuk membuat lapis legit, yaitu 40 butir. Karena saking mahalnya kue ini, muncullah lapis surabaya gadungan yang banyak dijual di toko-toko kue di pinggir jalan. Harganya sungguh fantastis. Rp 27.000!!

Tapi jangan pernah membandingkan rasanya ya. Karena cake seharga Rp 27.000 tidak mungkin menggunakan kuning telur dalam jumlah yang sama dengan lapsurnya NCC. Kalau dilihat dari teksturnya, cake ini adalah sejenis sponge cake yang dibuat menyerupai lapis surabaya, yaitu cake 3 layer dengan selai stroberi. Dibandingkan dengan sponge cake NCC atau Yongki Gunawan pun, masih kalah jauh. Aku sih mengira-ngira, lapsur tersebut terbuat dari 2 butir telur utuh untuk masing-masing layer, itupun rasanya masih terlalu murah dijual dengan harga Rp 27.000. Apapun itu, masing-masing orang punya selera yang berbeda. Silahkan pilih produk sesuai dengan selera masing-masing ^__^.

Aku sudah menyimpan 2 resep lapsur sejak lama sekali. Baru kali ini berani mencobanya, karena selalu khawatir gagal, hahaha. Padahal kan tinggal ikutin aja langkah-langkahnya, jangan mbandel, nurut, dan manut, maka InsyaAllah lapsurnya akan sukses. Masih akibat rasa was-was, aku akhirnya bikin setengah resep saja. Cukup 15 butir kuning telur!! Putihnya dikemanain? Nah, yang ini beda psoting ya^^.

Kendala berikutnya, aku ga punya loyang 22x10x4 cm, sehingga harus menggunakan loyang yang ada, yaitu loyang ukuran 28x10x4 cm. Bukannya mengkonversi resep dulu, aku malah pakai saja loyang tersebut untuk setengah resep lapsurnya NCC, hahaha. So, hasil akhirnya, si lapsur jadi ceper alias pendek atau tipis dari yang seharusnya. *Jangan ditiru!!

Udah panjang lebar nih, yuk intip resepnya.
Lapis Surabaya

Bahan:
10 butir kuning telur
100 gram gula pasir
125 gram mentega, kocok hingga pucat
50 gram tepung terigu
Selai stroberi secukupnya

How To:
1. Kocok kuning telur dan gula sampai mengembang dan kental;
2. Ambil sedikit adonan telur, masukkan ke dalam mentega yang sudah dikocok, aduk rata;
3. Masukkan mentega ke dalam adonan telur, aduk rata;
4. Tambahkan tepung terigu, aduk rata;
5. Tuang ke dalam loyang ukuran 22x22x4 cm yang telah dioles margarin dan dialas kertas roti;
6. Oven selama 20 menit dengan api 180 derajat celcius;
7. Angkat, biarkan dingin;
8. Buat 2 layer berikutnya dengan bahan dan teknik yang sama, untuk lapisan cokelat, tambahkan 1 sdm cokelat pasta;
9. Penyelesaian: ambil satu lapis cake warna kuning, oles dengan selai, tumpuk cake cokelat. Oles selai dan tumpuk lapisan kuning;
10. Simpan di dalam kulkas hingga set dan trim pinggirannya agar rapi.

Tertarik?

Comments

Popular Posts