Bolu Kukus Gula Merah


Assalamu'alaikum^^
#resep

Masih ada yang terkena kutukan bolu kukus? Jangan menyerah, masih ada resep-resep enak lainnya yang bisa dicoba. Salah satunya bolu kukus gula merah ini. Wangi khas gula merah langsung menyeruak begitu kukusan dibuka. Hmm, menggugah selera dan kamu harus coba!

Bolu kukus mekar membutuhkan bantuan uap air yang banyak agar bisa merekah indah. Untuk mendapatkannya, pastikan kukusan sudah dipanaskan sebelum adonan dikocok. Simpel saja, waktu yang dibutuhkan untuk mengocok adonan bolu kukus hingga mengembang dan kental tidaklah lama. Walaupun bolu kukus merupakan tipikal adonan yang boleh mengantri, tetap saja bertindaklah sesuai petunjuk resep.

Pastikan untuk menutup tutup kukusan dengan serbet bersih untuk menghindari tetesan air jatuh ke adonan. Jika adonan terkena setetes air saja, bolu yang dihasilkan tidak akan maksimal. Berdasarkan pengalamanku, tidak semua serbet dapat dijadikan. Serbet yang dibutuhkan adalah serbet yang terbuat dari bahan yang bersifat menghisap air. Bahan nilon, tidak bagus digunakan. Bahan nilon ini biasanya digunakan untuk membuat serbet yang dijual seharga tiga ribuan.

Bagi kamu yang sudah menggunakan klakat, tidak perlu lagi repot memikirkan serbet karena klakat didesain sedemikian rupa sehingga uap air yang menempel pada tutup kukusan tidak jatuh ke adonan. Namun begitu, pastikan kamu mengangkat tutup klakat dengan hati-hati. Jika tidak teliti, air yang menetes dari tutup klakat akan merusak kue dan tampilannya tidak cantik lagi. Contohnya bisa kamu lihat pada foto di bawah.


Bolu Kukus Gula Merah
Resep Catatan Nina
Modifikasi Uni Cakes

Bahan:
500 gram gula merah
400 ml air
2 sdm gula pasir
500 gram tepung terigu
1 sdt baking soda
1 sdt baking powder
1/2 sdt vanili
3 butir telur
200 ml minyak sayur
Wijen secukupnya untuk taburan, sangrai



How To:
1. Campurkan gula merah dan gula pasir. Didihkan dengan air hingga larut, saring, biarkan dingin;
2. Panaskan kukusan, siapkan loyang cupcake, alasi dengan paper cup;
3. Campur dan ayak terigu bersama baking soda dan baking powder;
4. Masukkan larutan gula bersama semua bahan lainnya kecuali minyak sayur dan wijen ke dalam mangkok mixer, kocok hingga mengembang dan kental;
5. Masukkan minyak sayur, aduk balik hingga rata;
6. Tuang adonan ke dalam cetakan hingga penuh, taburi wijen, kukus selama kurang lebih 15 menit dengan api besar.

Salam^^

Comments

Popular Posts