Eomuk (Fish Cake)

Harusnya ditulis Eomuk, bukan Oemuk, hehe

Assalamu'alaikum ^^
#resep

Kembali lagi dengan resep dari negeri ginseng, Korea!
Pilihan jatuh pada eomuk atau bakso ikan atau fish cake. Apa bedanya oemuk dengan bakso ikan biasa? Tidak jauh berbeda kecuali pada penggunaan bahannya saja. Jika bakso ikan yang sering kita buat hanya menggunakan ikan, entah ikan tenggiri, patin, tongkol, atau tuna, sebagai bahan utama maka resep eomuk memadukan ikan, udang, dan cumi. Ikan yang digunakan tentu saja bisa digonta-ganti sesuai selera dan sesuai kondisi kantong tentunya. Tapi olahan eomuk yang berasal dari web Maangchi ini menggunakan bahan utama yang berkualitas. Ikan Cod, cumi ukuran besar, dan udang windu (kalau tidak salah nama, hehe). Pokoknya udangnya itu lumayan gede, tubuhnya memiliki garis-garis biru kehitaman, kulitnya keras.

Nah, jika ingin membuat oemuk dengan rasa dan kualitas yang oke, bersabarlah dan pelan-pelan korek kantong lebih dalam, hehe. Karena di pasar tradisional aku tidak menemukan ikan Cod, gantinya ikan tenggiri saja. Tetap dong, harganya menjebol kantong! Aku mendapatkan udang dan cumi kualitas oke, lagi-lagi dengan harga selangit. So, sekali lagi, eomuk ini tetap bisa kamu buat dengan bahan seadanya ya.


Di resep aslinya, eomuk diolah dengan cara digoreng. Tapi aku waktu itu iseng mencoba merebusnya seperti membuat bakso ikan biasa. Hasilnya? Pasti enak! Gimana engga, resepnya dominan ikan! Ketika sedang menakar bahan, suamiku sampai bilang, "tepungnya dibanyakin aja, Dek. Rugi ah, ikan semua", hahaha. Dan aku bertahan dengan resepnya karena aku ingin tahu tekstur dan rasa original eomuk ini. Tidak percaya, yukk kita intip resepnya.


Eomuk (Fish Cake)
Resep oleh Maangchi

Bahan:
250 gram ikan tenggiri (aslinya ikan cod), bekukan
125 gram udang kupas, bekukan
125 gram cumi, bekukan
2 siung bawang putih, keprek, cincang kasar
1/4 cup bawang bombay (sekitar 1/2 bagian bawang bombay kecil)
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/4 sdt merica
1 sdm minyak canola (bisa diganti dengan minyak goreng)
1/4 cup tepung terigu protein sedang
1/4 cup tepung kentang (bisa diganti dengan tepung maizena)
1 butir telur

Minyak untuk menggoreng secukupnya


How To:
1. Cuci bersih ikan dan udang, potong menjadi bagian kecil, masukkan ke dalam food processor/blender;
2. Bersihkan cumi, belah, buang isi dalamnya dan lepas kulit tipis yang berwarna merah bintik-bintik hitam, cuci bersih, potong kecil, masukkan ke dalam blender;
3. Masukkan bahan-bahan lainnya, blender hingga halus;
4. Panaskan minyak. Bentuk adonan menjadi silinder dengan bantuan spatula dan pisau, goreng dalam minyak panas menggunakan api kecil. Masak hingga matang dan berwarna cokelat keemasan. Lakukan hingga adonan habis;
5. Jika ingin merebusnya menjadi bakso ikan yang konvensional (halah, abaikan. Intinya), rebus bakso yang dibentuk dengan bantuan tangan dan sendok di dalam air panas mendidih hingga matang.

Fish cake yang saya buat berbintik-bintik hitam setelah digoreng. Setelah aku ingat dan perhatikan dengan seksama, ternyata bintik hitam itu berasal dari bawang bombay yang tidak cukup halus diblender. Jadi, pastikan bahan-bahannya kamu blender sampai halus ya, supaya dihasilkan eomuk yang cokelat keemasan dan mulus.

#makan_eomuk_sambil_eluselus_dompet (suami, hahaha)
Salam^^

Comments

Popular Posts