Egg-Corn Pizza



Pagi ini hari Minggu pekan kedua bulan Januari. Seperti biasa, suamiku sedang menjadi pemceramah di sebuah Masjid tidak jauh dari rumah (kontrakan) kami. Hujan lebat dan lama, mulai dari pukul 05.00 pagi dan tidak kunjung berhenti hingga pukul 06.00 WIB. Aku mencoba menghubungi suami tapi gak nyambung karena suamiku hanya membawa hp dengan SIMcard 3. Wahh, sepertinya gak ada sinyal di tengah hujan lebat dan petir begitu. Akhirnya aku hanya menunggu dan memutuskan untuk memasak sesuatu untuk sarapan suami pas pulang nanti.

Aku membayangkan membuat rolade jagung dan semua bahan tersedia. Aku hanya ingin mengkonversi daging pada rolade daging menjadi jagung, itu bayanganku. Tapi ada sms masuk mengabarkan kalau senior kami (di sebuah organisasi mahasiswa) meninggal dunia setelah hampir 3 bulan dirawat di rumah sakit karena menderita kanker otak stadium lanjut (4). O…o…, sepertinya harus putar otak, masakan apa yang bisa selesai dalam jangka waktu pendek supaya kami bisa pergi takziah.



Aku (dengan sumbang saran dari suami) akhirnya memutuskan untuk membuat pizza-pizzaan topping jagung dan parutan keju. Rotinya aku ganti dengan telur, mungkin mirip telur dadar ya… Contekannya, silahkan!
Egg-corn pizza

1.   Bahan
a.    Pengganti roti (dadar telur)
-       Dua butir telur utuh, kocok lepas;
-       Garam, sesuai selera.
b.   Topping
-       1 bongkol jangung muda, serut/pisahkan dari bongkolnya menggunakan pisau, rebus hingga setengah matang;
-       3 sdm saus sambal botolan;
-       1 siung bawang putih cincang halus;
-       1 buah bawang Bombay (aku gak pake karena stocknya lagi kosong);
-       1 buah paprika merah sedang (gak pake juga, lagi gak ada);
-       1 buah paprika hijau sedang (masih gak pake, belum beli, hehehe);
-       2 sdm mayonais;
-       Sedikit garam.

2.   Cara Membuat
a.    Aduk rata semua bahan topping kecuali mayonais;
b.   Panaskan wajan, tuang sedikit minyak sayur (lebih enak menggunakan margarin dan gunakan wajan yang ada penutupnya);
c.    Masukkan garam ke dalam kocokan telur, aduk rata;
d.   Tuang telur ke wajan, ratakan;
e.    Tuang adonan topping di atasnya dan ratakan;
f.     Tutup wajan, tunggu sekitar 10 menit atau sampai matang (api jangan terlalu besar untuk memastikan kematangannya merata);
g.   Angkat, taburi keju dan mayonais, potong-potong, hidangkan selagi hangat.

Comments

Popular Posts