PennyLane Brownis


Hmm, akhirnya kesampaian juga keinginan untuk membuat kue nan manis satu ini. Brownis varian ini aku buat untuk dibawa ke kantor sebagai rasa syukur kepada Allah yang senantiasa melindungi dan selalu bersama kami setahun ke belakang (dan semoga begitu seterusnya).

Sepotong tak pernah cukup

Sebenarnya banyak pilihan kue yang ingin aku buat, tapi karena belum pernah membuat brownis, jadilah pilihan jatuh padanya. Hmm, kue ini cukup manis (bagi aku, lho), tapi kata suami dan teman-teman yang kebagian “icip-icip”, “enggak ko’ wi, enak malah”, hehehe, jadi tersanjung.

Biar yang lain juga merasa tersanjung setelah menyajikan kue ini, hayuuu, intip resepnya. Resepnya aku ambil dari website NCC Indonesia, penulisnya Mba’ Riana Ambarsari. Boleh di search juga ya, karena beberapa takaran dari resepnya sudah ku kurangi terutama gula.

Kalau brownis ditaburi apel yang dipotong kecil??

Mangga, dicontek… kabarin kalau sudah dibikin yaaa!!!

PennyLane Brownis by Riana Ambarsari
Bahan:
4 butir telur
2 cup (360 gr) gula pasir
1 cup (225 gr) minyak goring
¾ cup (60 gr) bubuk cokelat
1 ½ cup (210 gr) tepung terigu
¼ sdt garam
1 sdt vanili
½ cup kacang tanah cincang/kenari panggang
½ cup chocolate chips

Cara membuat:
1.   Alasi loyang dengan kertas roti, olesi mentega;
2.   Panaskan oven dengan suhu 180°C;
3.   Campur cokelat, terigu, dan vanili bubuk;
4.   Kocok telur dan gula sampai mengembang dan butiran gula menjadi lebih halus;
5.   Masukkan garam, kocok hingga rata;
6.   Matikan mixer, ayakkan campuran terigu ke dalam adonan telur, aduk rata;
7.   Masukkan minyak goring, aduk rata;
8.   Masukkan kacang tanah/kenari dan chocolate chips (sisakan untuk taburan di permukaan kue, bila suka), aduk rata;
9.   Tuang adonan ke dalam loyang, panggang +/- 35 menit;
10.                Untuk mengetahui kematangan kue, tes dengan tusuk gigi atau lidi yang bersih;
11.                Dinginkan sebelum dikeluarkan dari loyang dan potong-potong.

Silahkan, sepotong lagi!


Catatan:
Aku bikinnya pakai setengah resep aja dan takarannya gulanya aku kurangi. Jadi gula yang aku gunakan untuk setengah resep hanya 150 gr saja. Jangan merubah resep bila tidak yakin, ya… ^_^

Comments

Popular Posts