Palm Suiker Bread Puding



Puding ini adalah puding roti pertamaku. Cari, cari, cari… nemu resep puding roti NCC. Tapi gula putih belum re-stock, sehingga aku memutar akal, gunakan gulan palem. Gula ini aku beli seminggu sebelumnya di sebuah ruko di prapatan Senen. Engga sengaja sebenarnya, karena tujuan utama saya ke sana adalah membeli kurma. Rasanya sudah lama tidak makan kurma, jadi pengen. Harga kurmanya lumayan bersahabat, 45rb saja untuk setengah kilo-nya. Rasanya? Enak, tidak terlalu manis sehingga cocok untuk lidah saya.


So, here the recipe
Puding roti NCC ala Elysia Cake & Cookie
Bahan:
5 lembar roti tawar, buang kulitnya, potong kotak-kotak;
5 butir telur
600 ml susu cair
130 gr gula palem (yang aku pake itu ya, palm suiker merk-nya)
1 sdt kayu manis bubuk
3 sdm kismis



Cara membuat:
1.   Susun roti di dalam pinggan tahan panas;
2.   Aduk telur dan gula, menggunakan ballon whisk hingga gula larut;
3.   Tuangi susu sedikit-sedikit sambil diaduk rata, saring;
4.   Tambahkan bubuk kayu manis, aduk rata;
5.   Tuang/siramkan adonan susu ke dalam pinggan berisi roti sambil ditekan-tekan dengan garpu/sendok untuk memastikan roti terendam;
6.   Diamkan 15 menit agar roti benar-benar terendam;
7.   Taburi kismis secara acak;
8.   Panggang selama 45 menit di dalam oven bersuhu 180°C yang telah dipanaskan sebelumnya;
Angkat, dinginkan, sajikan.

Comments

Popular Posts