Cakepop; Tutorial by Photos


Assalamu'alaikum ^^
#resep
#tutorial

Kita bisa menggunakan berbagai macam resep kue untuk membuat cakepop yang cantik dan enak. Tentunya sesuai selera, ya. Bagi kamu yang suka rasa cokelat yang pekat dan dominan, gunakan resep brownies kukus Ny. Liem. Ingin lebih awet? Gunakan resep brownies kukus yang sama tapi jangan dikukus melainkan dipanggang saja. Rasanya? Pastinya enak! Nah, buat kamu yang tidak terlalu suka dengan rasa cokelat yang begitu kuat, pilih saja resep spongecake. Bisa rasa cokelat, vanila, pandan, stroberi, alpukat, keju, atau rasa lainnya yang kamu inginkan.

Apakah bisa menggunakan resep pound/butter cake? Atau apakah mungkin untuk menggunakan resep red velvet, brownies setengah kilo, atau jaconde? Semuanya bisa digunakan! Semua berpulang kepada selera masing-masing dan selera kostumer tentunya. Cakepop yang terbuat dari butter cake dan sejenisnya tentu akan terasa lebih 'berat' dibandingkan cakepop yang terbuat dari cake berjenis spongy. Hal yang sudah bisa dipastikan, bukan?

Sebagai bahan perekat, aku biasa menggunakan beberapa alternatif. Kamu pun bisa! Apa saja pilihannya? Buttercream, boleh vanila atau moca. Pilih saja sesuai selera. Aku rasa buttercream moca akan cocok dengan dasar kue cokelat. Lalu, kamu juga bisa mengganti buttercream dengan berbagai macam pilihan selai. Nuttella akan sangat enak dipadu dengan brownies cokelat. Hm, lembut dan nyoklat membelai lidah. Kue vanila dapat dipadupadankan dengan selai stroberi, selai nanas, selai blueberi, selai kacang (mungkin), aprikot, dsb. Sebaiknya selai-selai tersebut diencerkan dulu dengan sedikit air panas agar tidak terlalu manis. Susu UHT plain juga dapat digunakan sebagai alternatif jika kostumer menginginkan rasa cake yang tidak terlalu manis. Takarannya bisa disesuaikan saja dengan jumlah cake yang digunakan. Yang pasti, masukkan bahan perekatnya ini sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga diperolah tekstur dough yang diinginkan.




Selama ini cakepop identik dengan bentuk bulat biasa. Dibalut dengan cokelat dark, milk, atau warna dan dihias dengan taburan sprinkle, color sugar, atau sekedar oretan/desain cokelat dengan warna yang berbeda. Tapi tentu saja cakepop tidak selamanya harus berbentuk bulat. Sudah banyaka cakepop yang dibentuk menjadi berbagai macam karakter animasi kesukaan anak-anak (mungkin juga orang dewasa :-P) seperti Hello Kitty, Minion, Elmo, dll. Ada juga aneka jenis hewan dan unggan seperti owl, sapi, keroppi, ayam, bebek, dll. Bagi anak lelaki yang simpel, berikan cakepop berbentuk bola. Baseball, tennis, soccerball, basketball, atau bowling, dan beragam pilihan bola lainnya.

Cokelat untuk pencelup dan hiasan juga tersedia dalam berbagai rasa dan warna. Cokelat standar yang digunakan adalah putih, milk, dan dark. Aku cenderung suka cokelat dark. Paduan cake yang cukup manis dengan cokelat dark sangat pas menurutku yang tidak terlalu suka manis. Untuk memperoleh cokelat warna, gunakan cokelat putih dan berikan beberapa tetes warna atau pasta sesuai keperluan. Kamu yang tidak mau repot, pilih saja colored chocolate. Ada beberapa merk cokelat yang mengeluarkan cokelat warna seperti Mercolade. Tambahkan sedikit butter pada lelehan cokelat untuk membuat cakepop terlihat shiny. 


Di postingan kali ini aku menyertakan tutorial by photos. Jika menunggu kesiapanku mengelola video youtube untuk membuat sebuah tutorial, maka entah kapan tutorilku akan jadi. Untuk sementara waktu, aku gunakan foto tahapan pembuatan cakepop ini sebagai tutorial. Semoga dapat dipahami dengan mudah ya. Jika kamu merasa kurang jelas dengan maksud foto-foto itu, tinggalkan saja pertanyaan di kolom komentar, insyaAllah aku akan menjelaskannya. Semoga bermanfaat ^^.

#ups, (lirik kir-kanan) umpetin timbangan ^*

Salam...

Comments

Popular Posts