Putu Ayu Brownies


Assalamu'alaikum ^^
#resep

Setelah sukses dengan Putu Ayu Pandan, aku tertantang untuk mengeksekusi Putu Ayu Brownies. Masih menggunakan resep dari Bu Fatmah. Setelah aku perhatikan dengan seksama, bahan-bahan yang menjadi unsur Putu Ayu Brownies adalah sama saja dengan brownies pada umumnya, hanya saja beda takaran. Tidak terlalu sulit. Prosesnya pun sama dengan membuat brownies kukus tentunya dengan tambahan kelapa di permukaan brownies.

Teksturnya sama dengan tekstur brownies. Rasanya pun sama. Hanya saja harus aku akui bahwa lidahku tidak bisa menerima perpaduan brownies dan kelapa. Jadi aku tetap pada selera konvensional, dalam hal ini brownies kukus tanpa kelapa dan putu ayu pandan, hehe. Akan tetapi tidak usah khawatir dan ragu untuk mencoba. Setiap orang mempunyai selera yang berbeda, bukan? Tidak ada salahnya untuk mencoba. Jika tertantang, kamu bisa memodifikasi resepnya dan mendapatkan resep yang sesuai dengan seleramu baik rasa maupun tekstur. So, just try it!

Sebagaimana aku ceritakan sebelumnya, bahwa cetakan putu ayu miniku (yang aslinya adalah cetakan bolu kukus mamaku) ternyata lengket. Aku beralih menggunakan cetakan tulban mini yang kebetulan sekali aku beli pagi harinya di Pasar Palmeriam. Lagi obral! Dan bakulers tidak akan melewatkan hal-hal seperti itu, bukan? #kedip-kedip. Putu ayu browniesnya manis juga jika dibentuk dalam ukuran yang lebih besar dari aslinya.


Putu Ayu Brownies
by Fatmah Bahalwan

Bahan:
4 butir telur
150 gram gula pasir
1 sdt cake emulsifier
1/2 sdt garam

100 gram tepung terigu protein sedang, ayak bersama
25 gram cokelat bubuk

100 gram margarin, lelehkan bersama
60 gram dark cooking chocolate, dan
1 sdm pasta cokelat blackforest

1 buah kelapa, parut
1/2 sdt garam

How To:
1. Siapkan 16 buah cetakan putu ayu, polesi tipis dengan minyak, sisihkan;
2. Aduk rata kelapa dan garam, kukus selama kurang lebih 10-15 menit. Masukkan ke dalam cetakan putu ayu, masing-masing 1 sdm, padatkan dan ratakan;
3. Kocok telur, gula, garam, dan cake emulsifier hingga kental;
4. Masukkan tepung terigu dan cokelat bubuk, aduk rata;
5. Masukkan lelehan margarin, DCC, dan pasta, aduk rata;
6. Tuang adonan ke dalam cetakan yang sudah berisi kelapa, kukus selama kurang lebih 20 menit dalam kukusan yang sudah beruap banyak. Gunakan api sedang-kecil.

Salam^^

Comments

Popular Posts