Cake Durian


Assalamu'alaikum ^^
#resep

Sabtu kemaren aku membeli 2 kg daging durian beku dari salah seorang member NCC yang berlokasi di Depok. Bukan karena butuh 2 kg, tapi karena minimal order adalah 2 kg jika ingin duriannya dianter. Kalau 1 kg saja, harus diambil ke lokasi. Aihh, jauhnya dari Matraman, hehe. Untuk itu, aku butuh banyak resep untuk diuji coba agar duriannya bisa digunakan semaksimal mungkin (agak lebay). Tujuan awalku adalah uji coba resep pancake durian. Sejauh ini aku baru eksekusi satu resep (belum aku posting). Segera setelah ini aku ingin mencoba resep pancake yang berbeda untuk mendapatkan resep yang cocok untuk bakulanku. Do'akan ya temans^^.

Berhubung duriannya banyak yang tampaknya juga tidak akan habis untuk uji coba resep pancake, aku membuat cake ini sebagai varian dari olahan durian. Resep cake ini aslinya adalah resep Banana Sponge Cake yang aku temukan di blog JTT. Bahan yang digunakan sangat sederhana, mudah diperoleh, dan tidak banyak. Hanya butuh terigu, telur, gula, mentega, dan durian.


Tidak banyak yang aku ganti dan aku rubah komposisinya selain menggantikan durian dengan pisang. Berhubung jumlah durian yang sudah aku biarkan di suhu ruang melebihi takaran resep, alhasil aku menggunakan durian dalam jumlah takaran yang lebih banyak. Cakenya tetap lembut walaupun tidak se-spongy sponge cake biasa. Tentu saja cake ini lembab yang berasal dari kandungan air yang terdapat di dalam durian.

Cake Durian
Sumber: JTT
Modified: Uni Cakes

Bahan:
120 gram daging durian
2 butir telur
40 gram gula pasir
100 gram tepung terigu protein sedang
60 gram mentega, lelehkan


How To:
1.  Panaskan oven pada suhu 170'C;
2. Siapkan loyang ukuran 20x10x4cm alas permukaannya dengan kertas roti;
3. Rendam telur di dalam air hangat kuku selama kurang lebih 2-3 menit;
4. Kocok telur dan gula pasir dengan kecepatan rendah hingga bahan tercampur rata. Naikkan kecepatan dan kocok hingga mengembang, kental, dan putih pucat;
5. Masukkan durian, aduk rata dengan teknik aduk balik;
6. Masukkan tepung, aduk dengan spatula. Lakukan secara perlahan agar adonan tidak mencair. Adonan yang dibutuhkan adalah adonan yang kental;
7. Tuang 1/4 adonan ke dalam wadah mentega cair, aduk rata dengan perlahan. Tuang sisa adonan, aduk balik hingga rata (teknik pancing);
8. Tuang adonan ke dalam loyang, panggang selama 40 menit atau hingga matang dan permukaannya menjadi cokelat keemasan. Lakukan tes tusuk untuk memastikan kematangan cake.

Salam wangi durian^^

Comments

Popular Posts