Bola Bayam KejuMoo

Berawal dari iklan nastar kejunya keju kraft, saya iseng-iseng mengunjungi website keju kraft. Cukup banyak juga variasi resep masakan yang ada dan tentunya keju sebagai salah satu bahan utama. Satu persatu resep saya telusuri dan saya tertarik dengan beberapa resep yang kira-kira simpel dan enak. 


Bola bayam kejuMoo
Sumber: www.kejumooo.com/search/node/bola%20bayam%20keju

Bahan-bahan:
350 gr daging sapi cincang (saya pakai ayam fillet)
150 gr tempe, lumatkan
1 butir telur
1 sdm tepung sagu
75 gr bayam (rendam dengan air panas dan 1/2 sdt sebentar), tiriskan (Karena di kulkas tidak ada stok daun bayam, jadilah saya pakai sawi putih yang dibuang tulangnya).
90 gr Keju Kraft Cheddar, potong dadu 1x1 cm (Kalau mau pakai kraft melted atau parmesan juga boleh. Tapi pengalaman saya menggunakan keju kraft cheddar, hasilnya cukup bagus. Proses merebus dan menggoreng cukup untuk membuat keju meleleh).

Bumbu Halus:
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 butir kemiri
1 sdt merica
1/2 sdm garam

Sayuran sebagai pelengkap (bagian ini adalah ide dari saya sendiri, dengan demikian bisa diganti sesuai dengan keinginan masing2 dan intip2 dulu isi kulkas ya :-D)
1 buah wortel ukuran sedang
1 buah ketimun ukuran sedang
3 buah terung ukuran sedang
2 buah kentang ukuran besar


Cara Memasak
1.    Campur daging sapi cincang, tempe, telur, tepung sagu, dan bumbu halus. Aduk rata. 
2.   Ambil 1 sendok makan adonan daging. Pipihkan. Bungkus Keju Kraft Cheddar dengan 1 lembar daun bayam. Taruh di atas adonan. Bentuk bulat. 
3.   Rebus bulatan bakso dalam air mendidih sampai matang. Angkat. Tiriskan. 
4.   Goreng bakso dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang sampai matang.
5. Potong semua sayuran berbentuk korek api, rebus sebentar (kecuali ketimun), tiriskan.
6.   Belah bakso 4 bagian. Sajikan dengan sayuran serta saus sambal dan kecap manis.

Untuk 20 buah


Hasilnya enak, dan suami saya doyan, hehe… Tetapi saran saya, jangan gunakan daun sawi seperti yang lakukan, hehehe, karena serat daun sawi yang cenderung keras, mempengaruhi proses ‘makan’. However, bola bayam ini enak. Bila menggunakan daging sapi mungkin rasanya akan seperti Baso Atom, menurut saya. Dan bola bayam ini bisa disimpan di freezer sehingga tidak perlu khawatir bila ingin membuat dalam porsi yang lebih banyak.

        So… Just cook it at home!!

Comments

Popular Posts