Sop Buah Segar


Buka puasa menyeruput sop buah segar, wuihhh…


Untuk buka puasa kali ini saya dan suami membuat sendiri sop buah di rumah. Bukan kali ini saja sebenarnya, karena kami tidak pernah membeli sop/es buah selama Ramadhan. Selama bisa dibuat sendiri, kenapa harus beli? Konsep ibu2 yang bisa dan lagi belajar masak. Bukan karena pelit atau apa. Melainkan untuk melatih kepekaan dan kreatifitas di dunia per-kuliner-an. Apalagi setiap kali saya bereksperimen dengan resep2 baru, sang suami siap sedia membantu jika dia ada di rumah tentunya. Sejauh ini selalu ada karena sebagai seorang pegawai negeri tentunya saya hanya punya waktu Sabtu dan Minggu saja. Tidak berbeda dengan suami saya yang berprofesi sebagai dosen.

Apalagi hanya membuat sop buah, pasti bisa dilakukan setiap hari selama bahan tersedia. Prosesnya pun tidak membutuhkan waktu lama. Cukup potong-potong buah dan cemplung-cemplung, jadilah! Yang paling penting, kita bisa mengkonsumsi sop buah yang segar dan sehat tanpa tambahan pemanis buatan atau es batu yang belum tentu dibuat dari air matang (air mineral).


Sop buah Elysia (kiralogi lho ya..jadi sesuaikan dengan selera masing2)
Bahan: (bahan2-nya disesuaikan saja dengan selera)
1 buah apel malang
1 buah belimbing
100 gram buah anggur
100 gram buah stroberi
100 gram nata de coco
50 gram bubur mutiara (benar ga ya? Yang warna merah itu lho)
300 ml susu segar UHT
2 sdm madu (boleh pakai boleh engga, karena penggunaan madu dan syrup secara bersamaan akan membuat sop sangat manis. Saya biasanya hanya menggunakan salah satunya saja. Bila masih ingin menggunakan keduanya, kurangi saja takarannya hingga didapat rasa manis yang pas)
50 ml syrup coco pandan (sesuai selera dan sesuai stok tentunya!)
Es batu (bila suka)
*bisa juga menambahkan selasih, kolang-kaling, dan cincau bila suka

Cara membuat
Potong semua buah sesuai selera (Sebaiknya potong dadu. Sedangkan untuk anggur dan stroberi dibelah dua atau empat bagian saja)
Masukkan  dan tata buah di dalam wadah sesuai urutan yang diinginkan. Bila menggunakan wadah seperti mangkok, masukkan saja buahnya tanpa harus memikirkan urutannya. Hanya perlu memperhatikan tatanan dan estetika biar cantik saja.
Tambahkan nata de coco dan bubur mutiara
(Masukkan es batu bagi yang menggunakannya)
Tuang susu UHT
 Terakhir tambahkan syrup atau madu

Gampang kok, silahkan dicoba ya!

Comments

Popular Posts