Cheese Sponge Cupcake; Resep

Nah, yang udah engga sabaran nungguin resepnya, ini dia nih, cake yang spongy dan cheesy. Lembut, ringan, dan ngeju banget. Kamu dapat menambahkan pasta untuk memberi rasa sesuai selera. Atau jika ingin membuatnya dalam versi cokelat, ganti saja 25-50gr tepung terigu dengan cokelat bubuk. Tergantung pada seberapa nyoklat yang kamu mau. Selain itu, tambahkan juga pasta cokelat dan jadilah dia Chocolate Cheese Sponge Cupcake^^.

Gak punya cup cases atau loyang muffin? Loyang cupcake? Jangan pake dilempar dulu resepnya ya, gunakan saja loyang biasa ukuran 20x7cm (ini ukuran loyang dari resep asli). Hanya saja, cake selembut ini tidak begitu aman jika menggunakan loyang yang tinggi karena setelah dingin, biasanya dia kempes dan jadi tidak cantik lagi. Mau aman? Gunakan loyang 20cm tinggi 4cm saja. 1 resep ini sepertinya cukup untuk 2 loyang. Gak punya juga? Konversikan aja resepnya ke ukuran loyang yang kamu punya ya... Cara mengkonversi nanti aku tulis dalam posting terpisah ya.



Toppingnya juga dapat diganti, bisa almong slice, keju lagi (pasti jadinya ngeju banget), sprinkle, atau gunakan frosting dan apa saja yang kamu mau. Di sini aku gunakan chocolate chip. Kenapa? Karena awalnya gak niat mau ngasih apa-apa, terus si misua nyeletuk 'pakein choco chip, dek' dan berinisiatif mengambilnya ke 'bunker' penyimpanan ^o^.

Step to the recipe!
Cheese Sponge Cupcake
by Uni Cake

Bahan:
4 butir telur
100 gram gula pasir
1 sdt cake emulsifier
125 gram tepung terigu protein sedang
100 gram butter (unsalted)
1/8 sdt garam
150 gram cream cheese

How To:
1. Panaskan butter dan garam, biarkan larut. Matikan api, masukkan cream cheese hingga lembut dan tercampur rata, sisihkan;
2. Kocok telur, gula, dan cake emulisfier hingga kental berjejak;
3. Tambahakn tepung terigu sambil diayak dan diaduk rata;
4. Masukkan mentega secara bertahap, aduk rata;
5. Tuang ke dalam cupcases, taburi chocolate chip, dan pukul-pukulkan ke meja/lantai (awas, jangan tumpah);
6. Panggang dalam oven suhu 150 derajat celcius selama kurang lebih 30 menit atau hingga matang. Angkat, biarkan dingin.

Note:
1. Selalu gunakan teknik fold back (aduk balik) untuk cake yang spongy;
2. Melelehkan butter jangan sampai mendidih. Jika mendidih, lemak dan susunya akan terpisah;
3. Jangan mencampur mentega dalam keadaan panas ke dalam adonan.

Comments

Popular Posts