Brownies Kukus Mekar; Episode Sungguh Sangat Butuh Klakat

Di dunia perbakingan tentu tidak asing lagi frasa "KUTUKAN BOLKUS". Yaa, bolu kukus adalah kue yang harganya tidak selangit layaknya kue-kue bercita "bernama" rasa internasional seperti blackforest, tiramisu, dan yang lainnya. Namun membuatnya tidaklah gampang, bahkan lebih sulit daripada kue-kue internasional. Membuat bolu kukus memerlukan trik dan tips khusus, mulai dari pengocokan hingga pengukusan. Aku pernah membaca beberapa tulisan, salah satunya mengulas tentang penggunaan api dalam mengukus bolu kukus mekrok ini. Proses pengukusan membutuhkan api sedang cenderung besar. Berbeda dengan pengukusan cake lain yang menggunakan api sedang cenderung kecil.

Lantas, bagaimana dengan Uni Cakes?
Aku pertama ikut demo bolu kukus ini sekitar tahun 2000 (saat itu aku masih kelas 6 SD atau 1 Tsanawiyah). Ya, demo bolu kukus ini merupakan rangkaian demo sebelumnya yaitu membuat susu kedelai. Pas lagi di demoin, yakin banget bakal bisa bikin di rumah. Selang beberapa tahun kemudian *ya, aku baru mempraktikkannya sekian tahun kemudian ^o^, aku coba bikin dengan mengandalkan catatan sederhana dan ingatan saat mengikuti demo. You know? Sukses mingkemnya, hahaha. Males dan aku tidak mengulanginya hingga tahun kemaren, aku tertarik untuk mencoba lagi. Niat hati ingin menyenangkan hati suami dan ponakan, eh, "dia"nya mingkem lagi. Paling banter, ada yang senyum sih, tapi gak ada yang ngakak. Oke, I got it, kutukan bolkus!!!

Searching, googling, baca, simpan, dan print resep serta tips dan triknya. Tapi keengganan dalam hati memenangkan pertandingan. Aku engga bikin lagi. Sampai akhirnya nemu resep yang ini. Di resepnya ada bahan AIR. Ya, air mineral. Voilaa, aku harus coba!! Semangat dong dan ternyata aku sukses membuatnya ngakak "sempurna". Tapi apa dinyana, kukusanku kurang tinggi dan serbet menghalangi si bolkusku untuk "tertawa terbahak".

Dari foto-fotonya dapat terlihat, jika si bolkus ini pas lagi proses pengukusan engga nyundul serbet, pasti udah cantik banget itu bolkus mekrok. Dan, aku sungguh membutuhkan klakat, sodara-sodara!! Hayoo, siapa yang mau berbagi? Hihihi, sini klakatnya aku pinjem dulu, tapi engga tak balikin ya... *siapa juga yang mau...

Wokeee, yang penting aku udah nemu resep yang membuatku ikutan ngakak liat ini bolkus. Tetap aja sih, entaran search resep lain dan praktik juga. Aku hanya ingin membandingkan saja. Btw, yuk intip resepnya^^

Brownies Kukus Ny. Liem
Bahan:
400 gr gula halus
4 butir telur
320 ml air
1/2 sdt vanilli

400 gr tepung terigu protein sedang
50 gr cokelat bubuk
1/2 sdt garam
1 sdt baking powder

20 gr cake emulsifier

50 gr cokelat chip

How To:
1. Kocok telur, gula, air, dan vanili selama 5 menit;
2. Tambahkan tepung, cokelat bubuk, garam, dan baking powder, kocok dengan speed rendah sampai rata;
3. Masukkan cake emulsifier dan kocok dengan kecepatan tinggi hingga kental selama kurang lebih 15 menit;
4. Masukkan cokelat chip, aduk rata;
5. Masukkan ke dalam cetakan bolkus dan kukus hingga matang, angkat, dan biarkan dingin.

Comments

Popular Posts