Oleh-oleh dari Palembang

Pulang dari Lamongan hari Rabu dan nggak punya stock bahan makanan di kulkas. Jadilah untuk makan hari Rabu sampai hari Jum'at kami harus beli jadi di luar. Tapi, tiba-tiba hari Kamis malam, ada yang ngetok pintu dan ngasih oleh-oleh. Ternyata tetangga sebelah itu baru saja datang dari Palembang. Wuihhh, dia ngasih pempek asli dari Palembang dan kerupuk udang yang lebar-lebar. Olalaaa, buat sarapan pas weekend aja^^.

Dan beneran dong, pagi Sabtu, misua tercinta udah ngeluarin itu pempek dan menyiapkan kukusan. Oke, let's cook!! 

Aku sudah dua kali dapat oleh-oleh pempek asli dari Palembang. Pertama dulu sekitar tahun 2010, dari seorang teman yang baru saja datang dari studi bandingnya ke Palembang. Kedua, dari tetangga yang aku ceritakan sekarang. Dari dua pemberian itu, aku mengira (belum bisa menyimpulkan), pempek yang dibuat di Palembang itu ukurannya mini, gak ada tuh yang segede kapal selam yang biasa aku beli di Matraman sana.

Isinya apa saja? Ada lenjer, kapal selam, kulit, adaan, dan pempek isi tahu yang semuanya dalam ukuran mini. Ngelirik cukonya, "kok dikit banget ya?" Mafhum aja deh, aku kan suka nyruput cuko pempek, hahaha. Tapi aku ingat, bahwa cuko pempek dari Palembang itu kental sehingga nggak pas kalau makannya kayak makan bakso.


Rasanya? Ueeenaaakk dan lembut banget. Pengen banget deh bisa bikin yang kayak gini. Sebelumnya aku pernah bikin pempek juga, tapi tingkat kekenyalannya itu tinggi, alias rada alot, hehe. Aku pakai resepnya mba Ricke Ordinary Kitchen. Entah dimana lah itu kesalahanku. Masih belum ada keinginan untuk mencoba lagi. Tar deh, kalau udah bikin lagi, pasti tak posting ya.

Sipp, sampai di sini dulu ya.
*Masih berasa nih enaknya pempek mini dan lembut Palembang^*

Comments

Popular Posts