Blackforest Cake


Assalamu'alaikum ^^
#buttercream
#resep

Kembali dengan resep baru. Sebelumnya aku pernah posting resep blackforest. Sudah cukup lama dan akupun malas untuk mencarinya lagi, hehe. 

Oke, sedikit cerita di balik hadirnya cake ini. Berawal dari pesanan dadakan seorang teman untuk ulang tahun temannya. 2 hari saja sebelum hari H. Oke, be calm! Berhubung aku sehari-hari bekerja di kantor, banyak hal yang akhirnya harus meminta tolong suamiku, seorang dosen, yang jam kerjanya lebih fleksibel. H-1, pagi-pagi sekali berangkat ke Pasar Palmeriam untuk membeli DCC, telur, cherry merah, selai stroberi, dan stroberi segar serta lilin dan pisau kue. Kenapa ada stoberi dan selai stroberi? Karena di Palmeriam sedang tidak ada toko yang menjual Dark Cherry yang menjadi ciri khas blackforest. Jadi, aku berniat menggantinya dengan stroberi dan selai stroberi. So, cake ini tidak dapat sepenuhnya disebut blackforest, ya, jika kita telisik dari asal muasal cake ini. Eniwey, it's okay. Katakanlah ini varian lainnya. Cerita tentang asal muasal blackforest akan aku posting lain kali ya^^. Siang harinya, di kantor, aku memesan buttercream Hollman dan box kue Wilton via sms ke Tyu Cake dan minta tolong suamiku untuk mengambilnya sepulang dari kampus.


Bahan ready tapi ternyata malam itu aku pulang melebihi jam kerja karena ada persidangan yang masih berjalan. Untungnya jam 7 sudah sampai rumah. Bikin cakenya dulu. Seraya mengocok adonan, aku buat tulisan Happy Birthday dan nama orang yang berulang tahun dari fondant. Kendalanya tentu saja tidak hanya keterbatasan waktu. Keterbatasan peralatan juga membuatku harus mengakali proses pembuatan cake ini. Aku hanya punya 2 buah loyang 22x22 untuk menghasilkan cake ukuran 20x20. Jika adonan aku buat sekalian untuk 3 loyang, maka akan ada 1 adonan yang 'ngantri'. Oke, proses pematangan cake tidak akan lama, hanya butuh 15-20 menit saja dengan oven gas-ku, tapi loyangnya tentu tidak bisa langsung digunakan begitu saja ketika panas. Selain itu, aku selalu berusaha menghindari penggunaan cake emulsifier dan baking powder sehingga telurnya aku usahakan selalu fresh. Dengan begitu, cake tidak boleh 'ngatri' lama.

So, cara terbaik tentu saja harus konversi resep. Nah, resep yang aku konversi adalah resep NCC. Tidak hanya konversi, aku melakukan sedikit modifikasi. Tidak banyak! Hanya penambahan jumlah telur saja. 1 resep NCC menggunakan 8 butir telur. Resep yang sama dengan resep spongecake NCC. Sedangkan spongecake yang aku gunakan untuk blackforest ini adalah 9 butir telur utuh dan 3 butir kuning telur. So, 1 loyang terbuat dari 3 butir telur dan 1 kuning telur. Kenapa harus menambahkan 1 kuning telur lagi? Simpel saja. Karena aku menghindari penggunaan cake emulsifier, maka penggunaan kuning telur harus diperbanyak supaya adonan mengembang dengan cantik.


Here we go, guys!

Blackforest
by Ewi Nerni

Bahan Cake:
3 butir telur utuh
1 butir kuning telur
75 gram gula pasir
23 gram cokelat bubuk
15 gram tepung maizena
37 gram tepung terigu
37 gram mentega/margarin

*untuk 1 loyang ukuran 22x22cm atau 1 loyang 24cm

How To:
1. Kocok telur dan gula hingga mengembang dan kental;
2. Sementara itu ayak terigu, cokelat bubuk, dan maizena serta lelehkan margarin;
3. Jika adonan sudah mengembang dan kental, masukkan campuran terigu, aduk rata dengan spatula atau gunakan mixer speed rendah hingga tercampur rata;
4. Tuang mentega/margarin, aduk rata;
5. Tuang adonan ke dalam loyang, panggang selama 20-25 menit hingga matang dengan oven pada suhu 180'C;
6. Setelah matang, keluarkan cake dari loyang dan dinginkan.

Bahan Filling:
1 kotak stroberi (isinya kira-kira 25-30 pcs)
250 gram selai stroberi
50 ml air
1 sdm gula pasir
1 sdm tepung maizena

150 ml simpel syrup yang terbuat dari 100 gram gula pasir dan 100 ml air
250 gram buttercream siap pakai

How To:
1. Bersihkan stroberi, buang daunnya, belah menjadi 4 bagian;
2. Masukkan semua bahan kecuali tepung maizena dan 20 ml air, masak dengan api kecil hingga air meresap dan stroberinya menjadi lunak;
3. Larutkan maizena dengan 20 ml air, tuang ke dalam adonan, aduk hingga kental. Matikan api, sisihkan.

Bahan Topping:
500 gram buttercream siap pakai
6 buah cherry merah bertangkai
150 gram DCC, kerok dengan sendok hingga membentuk bulatan
Praline sesuai selera
10 gram gula halus untuk taburan (skip jika tidak suka)
Tulisan Happy Birthday dan Nama, sesuai selera

Penyelesaian:
1. Oles papan kue dengan sedikit buttercream agar cake tidak bergeser;
2. Ambil selembar cake, perciki simpel syrup. Semprotkan buttercream dan adonan filling, tata sesuai selera. Lakukan hingga selesai;
3. Simpan cake di dalam kulkas kurang lebih 15 menit;
4. Tutup permukaan dan sisi cake dengan buttercream, rapikan;
5. Hias sesuai selera dengan bahan topping yang tersedia. 
   

Comments

Popular Posts