Buttercream Greentea


Assalamu'alaikum ^^
#resep

Walaupun di Toko Bahan Kue sudah tersedia buttercream instan, whippy cream, dan semacamnya yang tak kalah enak dengan buatan rumahan, sebagai bakul kue tentunya aku juga harus mahir dalam membuat buttercream sendiri. Ada banyak sekali resep buttercream yang tersedia. Pencarian resep buttercream melalui mesin pencari Google menghasilkan lusinan, bahkan puluhan resep yang dapat dipilih. Agar mendapatkan resep sesuai selera, tentu harus melakukan uji coba, trial and error.

Pada dasarnya bahan baku utama pembuatan buttercream adalah butter. Butter yang digunakan sebaiknya jenis unsalted. Bahan lainnya adalah susu kental manis, simple syrup, dan softcream jika ingin rasa yang lebih enak dan 'nendang', serta susu bubuk. Penggunaan butter dalam resep buttercream banyak digantikan dengan shortening karena shortening memiliki tekstur yang lebih kokok dibandingkan butter. Buttercream yang terbuat dari butter tentu saja lebih gurih dibandingkan dengan buttercream yang terbuat dari shortening. So, masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya. Selanjutnya, terserah anda! Hahaha! Maksudnya, gunakan bahan sesuai dengan selera dan kebutuhan. Yang paling penting, sesuaikan dengan budget! 


Gunakan butter sebagai bahan utama pembuatan buttercream yang akan digunakan sebagai filling dan pakai shortening sebagai bahan utama untuk buttercream yang akan diaplikasikan sebagai topping. Aku rasa itu solusi yang pas. Sedikit repot, memang. Atau gunakan butter dan shortening secara bersamaan 1:1 atau 1:2, 2:1, sesuai selera saja.

Penambahan essence berguna untuk mendapatkan rasa selain vanila. Nah, kali ini, Uni Cakes menghadirkan buttercream dengan varian green tea. Untuk mendapatkan rasa teh hijau tentu saja diperlukan bubuk green tea. Tidak perlu menambahkan pewarna hijau. Warna yang dihasilkan dari green tea itu sendiri sudah cukup manis. Light green!
Buttercream
dari berbagai sumber

Bahan:
250 gram mentega putih
125 ml susu kental manis
150 ml simpel syrup
13 gram susu bubuk
1 sdt green tea bubuk

How To:
1. Kocok mentega putih hingga mengembang dan ringan;
2. Tambahkan bahan lain, kocok hingga tercampur rata dan kaku.


'Ngendal' atau tidaknya buttercream yang dihasilkan tergantung pada pengocokan mentega putih. Usahakan mengocok mentega putih hingga benar-benar ringan.

Happy Baking ^^
Salam

Comments

Popular Posts