Indomie Goreng Tahu Udang



Assalamu'alaikum ^^
#resep

Sebagai seorang pegawai, tidak banyak waktu yang aku miliki untuk memasak di pagi hari. Kondisi ini tentu harus diakali dan tidak boleh dianggap sebagai halangan untuk memasak bagi keluarga tercinta. Seringkali kala waktu sangat sempit dan bahan yang dibutuhkan tidak cukup tersedia, aku mendapatkan ide masakan baru. Biasanya, aku mengeluarkan beberapa bahan yang tersedia, kemudia mulai menyiapkannya sambil memikirkan akan diapakan bahan-bahan ini. Tentu saja harus sesuatu yang simpel.

Hal yang sama terjadi beberapa hari yang lalu. Aku hanya memiliki stok udang dan tahu. Sedangkan bumbu juga tidak ada kecuali bawang. Ingin sekali aku membuat balado Tahu Udang, namun cabe tidak tersedia dan pastinya memakan waktu yang lama untuk mengulek cabe. Aku termasuk tipikal orang yang tidak suka dengan cabe yang diproses menggunakan blender untuk menu balado. Digiling pakai ulekan jauh lebih enak.


Saat membuang kaki-kaki udang, aku mendapatkan ide membuat Indomie Tahu Udang. Tadinya kami hanya punya stok Indomie Rebus rasa soto. Saat suami tahu ideku, dia menawarkan diri untuk membeli Indomie lagi agar hasilnya nanti banyak. Hahaha... Kalau begitu sekalian saja belinya Indomie goreng karena aku pikir lebih cocok dengan menu yang aku rencanakan. Hmm, aku juga kehabisan daun bawang. Hahaha, untungnya rumah kami dekat dengan pasar tradisional, jadi pagi-pagi pukul 05.00 WIB pun para pedagang sudah menggelar lapak. Akhirnya didapatlah daun bawang yang segar-segar.

Oke... langsung saja ke resep ya!

Indomie Goreng Tahu Udang
by Ewi Nerni

Bahan:
2 bungkus Indomie Goreng Pedas (atau Indomie rasa apa saja yang dirasa cocok dan disukai)
150 gram udang, kupas kaki dan kepala (atau jika mau kupas semua kulitnya)
4 buah tahu, potong persegi panjang
2 batang daun bawang, iris
3 butir bawang merah, iris
1 siung bawang putih, cincang kasar
1 buah cabe rawit, iris tipis
5 buah cabe keriting, iris serong tipis (ganti dengan cabe rawit jika ingin mendapatkan rasa pedas yang menggigit ^^)
500 ml air
Minyak goreng untuk menggoreng dan menumis

How To:
1. Goreng tahu dan udang, sisihkan;
2. Buat air kaldu udang dengan merebus kulit dan kepala udang dengan air dan 1/3 bagian daun bawang hingga benar-benar mendidih. Saring airnya;
3. Rebus Indomie dengan air kaldu udang hingga mendapatkan tingkat kematangan yang diinginkan. Jangan terlalu lembek ya, rasanya tidak akan enak nantinya. Tiriskan;
4. Tumis bawang merah hingga harum, tambahkan bawang putih dan cabe, masak hingga harum;
5. Masukkan bumbu Indomie goreng, aduk rata;
6. Masukkan tahu dan udang, aduk rata;
7. Masukkan mie, aduk rata dan masak sebentar supaya bumbu menyerap dengan baik;
8. Taburkan daun bawang, aduk rata, matikan api;
9. Tata di piring saji, hias dengan sambel dan tambahkan garnish sesuai selera.


Bagi yang ingin menghindari penggunaan bumbu Indomie, gunakan saja garam, gula, dan tambahkan sedikit saus tiram dan cabe bubuk dengan takaran sesuai selera. Mie-nya pun bisa diganti dengan mie telur dan mie lainnya sesuai selera, tapi tentu saja namanya bukan lagi Indomie Goreng Tahu Udang ya...

Selamat berkreasi dengan menu sarapanmu ^^
Salam...

Comments

Popular Posts