Ratatouille


Assalamu'alaikum ^^
#resep

Hai guyz, Uni Cakes kembali dengan resep baru. Resep inis sesungguhnya sudah lama tersimpan rapi di dalam file video cooking. Berhubung beberapa waktu yang lalu aku sempat membeli zuccini dalam perjalanan pulang dari Bandung, maka saatnya untuk mengeksekusi. Wait, resepnya kali ini tidak lengkap ya. Kenapa? Karena aku hanya membuat sayuran panggangnya saja sedangkan sausnya tidak, hohoho. Kenapa tidak? Karena sayuran ini akan aku jadikan sebagai pendamping Mac 'n Cheese. Resepnya? Menyusul setelah ini.

Sedikit bercerita tentang ketertarikan awalku terhadap menu ini... Eniwei, siapapun yang pernah menonton film berjudul sama dengan makanan ini pasti tahu dengan jelas dong. Si tikus kecil di dalam film tersebut membuat seorang kritikus makanan kehilangan kata-kata dan mengagumi masakannya. Melihat proses pembuatannya di film dan bagaimana dia menyajikannya serta bentuk atau rupa yang sangat menggugah selera di dalam film tersebut membuatku langsung menanyakan kepada mbah Google, apa resepnya. Sebenarnya aku menemukan beberapa versi resep. Namun yang menurutku paling menyerupai ratatouille si tikus adalah yang ini. Oh, aku lupa link-nya. Mudah-mudahan nanti bisa aku update postingan ini dengan menyertakan link asli mengingat aku tidak menyertakan resep sausnya di sini. Jangan terlalu kecewa, oke ^^.


Dan ya... aku pun punya seorang kritikus makanan di rumah, siapa lagi kalau bukan Pak Suami, hehe. Suamiku orang yang mementingkan kuantitas dan menomorduakan kualitas (baca: rasa) dari makanan. Akan tetapi, bukan berarti ia mau memakan semua masakan yang aku buat. Jika menurutnya aneh, maka alamat makanan tak akan disentuh, hoho. Awalnya aku khawatir si ratatouille berakhir sama karena ketika matang dan dia mencoba, komentarnya adalah "begini ya, makanan Eropa", hahahaha. Adem dan tak berbumbu mengingat aku hanya menaburkan garam dan merica saja sebelum memanggang sayuran tersebut. Dan, perbincangan berlanjut seputar pencarian rempah-rempah yang dilakukan oleh orang Eropa ke tanah air hingga masa penjajahan dan ngalor-ngidul kemana-mana.

Di fott terlihat ukuran terung yang lebih kecil dari zuccini dan tomat. Sebaiknya gunakan bahan-bahan dengan ukuran atau diameter yang sama agar terlihat cantik dan rapi. Bagi yang ingin memakannya begitu saja dan membutuhkan saus, cukup gunakan saus bolognese instan yang ditumis dengan bawang bombay dan daging giling.


Ratatouille
By Uni Cakes

Bahan:
1 buah terong
1 buah zuccini
1 buah lobak
2 buah tomat
Garam, secukupnya
Merica, secukupnya

How To:
1. Potong tipis semua bahan, susun berselang-seling di dalam pinggan tahan panas atau alumunium foil;
2. Taburi garam dan merica;
3. Panggang dengan oven pada suhu 160-170'C hingga matang.

Gampang, bukan ^^.
Salam sehat^^.

Comments

Popular Posts