Bolu Kukus Rasa Jeruk (Orange Steamed Cake)


Assalamu'alaikum^^
#resep

Beberapa waktu yang lalu aku dan suami membeli tiket kereta untuk pulang ke Lamongan. Berhubung signal di rumah rada lelet dan bikin uring-uringan, jadilah kami membelinya di salah satu Indomaret di belakang rumah. Sebagai bonus pembelian, kasirnya memberi kami 2 botol Fanta rasa jeruk.

Dalam perjalanan pulang, otakku berpikir untuk membuat puding telur ceplok dengan memanfaatkan minuman bersoda ini. Tentu saja, Fanta akan dijadikan sebagai bahan utama untuk membuat bagian kuning telurnya. Kebetulan, siang harinya aku baru saja membeli cetakan kue mangkok yang biasa digunakan untuk mencetak kuning telur. Tetapi, aku ragu. Apakah aman minuman bersoda ini dididihkan? Karena ragu, aku batalkan.


Aku dan suami bukanlah penggeman minuman bersoda. Aaa, jadi teringat kenangan Ramadhan tahun kemaren. Suatu hari, banyak sekali orang berkostum merah hilir-mudik di jalanan depan rumahku. Tiba-tiba salah seorang dari mereka mengetuk pintu. Ketika aku buka, ternyata mereka adalah orang-orang yang diterjunkan untuk mempromosikan minuman bersoda Coca Cola. 1 botol ukuran 1,5 L dibagikan secara gratis ke setiap rumah. Saat itu aku menolak menerima setelah dia menjelaskan dengan singkat tujuan kedatangannya. Aku bilang, 'aku tidak minum minuman bersoda, berikan kepada tetangga yang lain saja'.

Suamiku hanya mencicipi sedikit saja, seteguk atau 2. Sisanya, Fanta itu masih tergeletak hingga aku memutuskan untuk membuat bolu kukus ini. Tetap saja Fantanya masih ada karena aku hanya menggunakan 200 ml saja. Aku menggunakan resep Bolu Kukus 200 milik Bu Fatmah, NCC. Berikut resep yang sudah aku modifikasi.


Bolu Kukus Rasa Jeruk
dimodifikasi dari Bolu Kukus 200 NCC

Bahan:
200 gram gula pasir
200 gram tepung terigu protein sedang
200 ml minuman bersoda rasa jeruk
2 butir telur
1 sdt cake emulsifier
1/4 sdt pasta jeruk (jika ingin mendapatkan rasa jeruk yang kuat)
2-3 tetes pewarna orange

How To:
1. Campur semua bahan kecuali pasta dan pewarna, kocok hingga mengembang dan kental;
2. Bagi adonan menjadi 2 bagian. Tuang pasta dan pewarna ke dalam salah satu bagian adonan;
3. Tuang adonan vanila dan jeruk secara bergantian ke dalam loyang cupcake yang dialas papercase sesuai pola yang diinginkan;
4. Kukus selama lebih kurang 10 menit dalam kukusan yang sudah beruap banyak dan gunakan api besar.

Selamat mencoba^^

Comments

Popular Posts