Cheese Stick


Assalamu'alaikum
#resep

Setelah membeli mesin cetak cheese stick -tepatnya bukan mesin, ya karena tidak menggunakan mesin. Mungkin lebih cocok disebut alat penggiling dan pencetak cheese stick/mie- sekitar 1 tahun yang lalu, akhirnya itu alat berfungsi juga. Bukan. Bukan rusak! Aku menyimpannya di dalam lemari bersama dengan beberapa props lainnya. Hampir tiap minggu aku bolak-balik membuka lemari tersebut untuk mengambil, entah piring, cake stand, atau sendok. Tapi, kotak berwarna kuning itu hanya kupandangi, tak tersentuh. Aku masih sangat sayang untuk menggunakannya, haha. Oke, oke... Sejujurnya, ketika terbayang tangan yang capek memutar-mutar alat penggiling itu, rasa malas langsung menyerbu. Sempat terpikir untuk menjualnya kembali di grup, tapi aku bertahan. Ingat ketika dulu aku membuat berbagai macam stik bersama Mama, akhirnya aku menguatkan tekad, eh tangan, untuk membuat stick yang melegenda ini. Parmesan Cheese Stick. Tapi tidak bisa aku sebut begitu karena kejunya adalah keju edam, bukan parmesan. Oh iya, keju edam sering disebut keju ayam atau keju apel di kalangan blogger. Aku setuju! Tidak mungkin stick ini dinamai Apel Cheese Stick atau Ayam Cheese Stick, ya. #kalem

Stick ini renyah dan gurih. Sayang sekali, cheese stick ini sangat rapuh dan gampang sekali patah. Mungkin kesalahan terletak padaku ya. Aku menggiling adonan hingga ketipisan angka 5 pada alat penggiling. Apakah itu berpengaruh? Yang pasti hasilnya memang cukup tipis seperti pada foto. Atau karena terlalu sering aku aduk ketika menggoreng? Entahlah, aku belum menemukan alasannya.

Stick ini enak. Tapi dibanding stick bawang andalan Mamaku, aku lebih memilih stick bawang. Lebih berbumbu karena mengandung bawang merah. Sayangnya aku tidak mencatat resepnya. Jika ada yang ingin berbagi, silahkan! Atau mungkin aku harus mencoba menggunakan keju parmesan ya. Semoga alat penggiling itu bisa keluar dari lemari penyimpanan sebelum tahun ini berakhir. Aku tulus berdo'a. #kalemlagi


Cheese Stick
diadaptasi dari NCC

Bahan
300 gram tepung terigu protein sedang
200 gram tepung sagu
1 sdt garam
4 butir telur
30 gram mentega
100 gram keju edam, parut


How To:
1. Campur tepung terigu, tepung sagu, dan garam dalam sebuah wadah, aduk rata. Buat cekungan di tengahnya;
2. Masukkan telur, aduk rata;
3. Tambahkan keju, aduk rata dan uleni sampai bergumpal;
4. Masukkan mentega, uleni hingga kalis;
5. Tipiskan adonan dengan bantuan mesin giling mie secara bertahap hingga didapatkan ketipisan yang diinginkan. Lalu giling dengan pisau mie lebar;
6. Panaskan minyak dalam jumlah banyak, goreng cheese stick hingga kuning kecokelatan, angkat, tirisikan. Simpan dalam wadah kedap udara.

Salam^^

Comments

Popular Posts