Tiramisu Cake Pop

Ahaa, akhirnya berhasil juga bikin cake pop. Hmm..baru 2 kali sih, ini yang kedua kalinya aku bikin. Duluuuu banget pas bikin pertama kalinya, semua bahan aku campur, aduk rata, aku bulet-buletin, taro di kulkas, udah!! Bikin cokelatnya entar-entaran, ya udah, 1,1, masuk mulut ^o^. Ho'oh, padahal kan tinggal ngetim cokelat yakk, terus cemplungin deh tuh si bola-bola kecil, taburi sprinkle, jadilah cake pop cantik.

Tapi, pada ngerti kan ya, the power of males itu, luar biasa *arrrggghhhh.

Berhubung kemaren itu bikin tiramisu untuk setoran ke NCC Chocolate Week dan ada sisa potongan cake cukup banyak. Ya iya, aku kan bikin cakenya loyang bulat 22 cm dan ujung-ujungnya pakai pinggan ukuran 18x18 cm. Lah, gimana engga nyisa yakk!! Eittss, tapi kan ada hikmahnya, tenang mas Bro!! Ga mubazir kok^^.

Niatnya -niatnya ni yaa, niat!- mau bikin lapisan luar cake pop dengan 2 warna cokelat, yaitu pakai DCC dan WCC. Kenapa ngga jadi? Apalagi kalau bukan yang tadi, the power of males. Udah, 1 aj, gtu deh mikirnya. Orang buat konsumsi sendiri ini, hihihi. *jangan ditiru ya, catet!!

Oke, karena cuma warna cokelat aja nih, kan nggak asyik dong warnanya gitu doang. Harus ada variasi. Untung aja masih ada sprinkle di lemari bahan. Ada dua macam sprinkle, pertama yang bentuk bintang mewakili warna bendera Amerika, biru, merah, dan putih. #kira-kira kalau merah putih aja kayak warna bendera Indonesia, bakal bagus nggak ya dia di cake?# Kedua, sprinkle pelangi yang bulat kecil-kecil itu lho. Iya yang kecil banget itu.

Resepnya??
Oh, iya, resep^^

Sebenarnya saya belum menemukan takaran untuk cake pop ini. Kan emang nggak nimbang. Jadi karena bahannya sisa dari tiramisu, ya sudah tak pakai seadanya. So, untuk kali ini, resepnya pakai konsep kiralogi ya, ilmu kira-kira tepatnya ^__^.

Cake Pop yang di sebelah kanan-belakang, kelelep sprinklenya^^
Tiramisu Cake Pop
by Uni Cakes

Bahan:
1. Spongecake (boleh coklat boleh vanilla, boleh apa aja yang penting dirasa pas bila dicampur dengan adonan mascarponenya tiramisu);
2. Adonan keju mascarpone secukupnya;
3. Butter/margarin, sedikit saja;
4. DCC, lelehkan.

Pelengkap:
Sprinkle secukupnya dan sevariatifnya;
Stick lolipop.

How To:
1. Hancurkan spongecake menggunakan food processor. Kalau mau pakai tangan atau sendok aja juga bisa kok;
2. Tambahkan adonan keju mascarpone dan butter, aduk hingga dapat dibulatkan-bulatkan;
3. Bulatkan cake pop, ukuran dikira-kira saja. Kalau mau ukuran yang pas dan belum bisa mengira-ngira, sebaiknya gunakan timbangan;
4. Simpan di dalam kulkas kurang lebih 30 menit;
5. Lelehkan DCC, biarkan agak berkurang hawa panasnya;
6. Keluarkan cake pop, tusuk dengan stick lolipop;
7. Celupkan cake pop ke dalam DCC, pegang sebentar dan biarkan sisa lelehan cokelatnya jatuh;
8. Segera taburi dengan sprinkle sebelum DCC kering;
9. Siap disajikan!! Tunggu, tungguu, diputu dulu ya^^.

Tips:
1. Pastikan cake pop benar-benar bulat mulus dan tidak bergerindil. Cake pop yang bergerindil akan mempengaruhi hasilnya nanti setelah dicelup dengan DCC;
2. Celupkan ujung stick yang akan ditancapkan ke cake pop dengan sedikit DCC leleh. Hal ini berfungsi untuk memastikan sticknya kuat menancap pada cake;
3. Temukan waktu yang tepat untuk menaburkan sprinkle. Karena jika DCC sudah kering, sprinkle tidak mau melekat. Sebaliknya, jika masih sangat basah dan DCC masih meleleh berjatuhan, sprinkle akan kelelep atau tenggelam, jadinya jelek. Hal ini saya alami, jadi dapat dilihat di foto ya^^.

Comments

Popular Posts