Tiramisu

Akhirnya bikin tiramisu juga^^. Dibela-belain nih buat setoran NNC Cokelat Week. Karena temanya adalah cokelat week, maka aku menggunakan cake cokelat. Selain itu memang, aku tidak menemukan lady finger *lah, nggak nyari, gimana ketemu ^0^.

Aku pakai pinggan kaca sebagai wadahnya. Padahal udah niat banget untuk menggunakan loyang bongkar pasang round yang baru aku beli di c4, ukuran 22 cm. Hanya saja ternyata base cakenya cuma 20 cm, karena menciut setelah keluar dari oven. Nah, di sinilah letak kesalahanku. Seharusnya, untuk membuat spongecake yang lembut selalu gunakan loyang pendek, misal tinggi 4 cm. Tapi, karena aku membuat cake cokelatnya malam hari, bawaannya males aja buat nyalain oven gas. So, aku gunakan oven listrik oxone tersayang yang hanya berkapasitas 2 loyang saja. Itupun kayaknya udah rebuat panas di dalam deh^^. Males dong manggang dua kali, ya udah aja tuh aku pakai loyang bongkar pasang yang baru aku beli. 22 cm round, tinggi 7 cm.

Pas di dalam oven bikin hati girang. Adonannya naik dan mengembang dengan sangat bagus. Udah dong, aku keluarin dari oven pas udah matang, dan taaadaaa, pelan-pelan dia turun sampai di titik nadir, *apa sih? Ya, puas pasti enggak, tapi harus terima. *gak mau terima gimana, orang udah jadi, huhuhuhhuuu... Kick away your laziness!! Karena insiden itulah akhirnya aku putuskan untuk menggunakan pinggan kaca ukuran 18x18 cm.

Pinggan kaca begitu kan nggak tinggi-tinggi amat ya, jadinya cuma muat 2 layer aja. Aku membagi cakenya menjadi tiga bagian. Ya, nggak lah. Nggak mungkin kehabisan akal dong. Sisa 1 layer aku jadiin tiramisu in cup. Kebetulan aku punya 6 buah tiers push up, yang berkaki itu loh, belinya jaman masih Ramadhan di Tyu Cakes Tools Shop. 1 layer itu dapat 3 , tentunya dengan sisa sana-sini bekas potongan. Dan eittss, sisa potongan cake-nya aku bikinin cake pop deh. Senangnya, bisa bikin macam-macam dari satu spongcake cokelat. Laporan tiramisu in cup dan cake pop menyusul^^

Dekorasi ngasal ^0^
So, mari kita buat tiramisunya^^
Bahan I:
3 layer spongecakes cokelat ukuran 18x18 cm

Bahan II:
250 gr keju mascarpone
300 ml whipping cream
100 gr gula bubuk
1/2 sdt esens vanili
4 butir kuning telur
50 gr gula kastor

Bahan III:
2 sdm kopi instan
150 ml air hangat
1 sdm gula pasir

Garnish:
1 buah stroberi segar
Cokelat bubuk

How To:
1. Kocok keju mascarpone hingga tidak bergumpal lagi. Simpan di dalam kulkas;
2. Kocok whiping cream dengan gula halus sampai kental dan kaku. Simpan di dalam kulkas;
3. Kocok kuning telur, gula kastor, dan esens vanili hingga mengembang dan kental. Lanjutkan kocok di atas air mendidih (tim) hingga hangat. Angkat dan lanjutkan mengocok hingga kembali ke suhu semula;
4. Keluarkan whipping cream dari kulkas, tambahkan keju mascarpone, aduk rata. Jika menggunakan mixer, pakai speed 1 aja;
5. Tambahkan telur yang sudah dikocok, aduk rata;
6. Aduk bahan III hingga larut;
7. Ambil selembar cake, tata di dalam pinggan, siram dengan air kopi secara merata hingga lembab;
8. Tuang adonan mascarpone, ratakan;
9. Buat dua susun. Hias sesuai selera, taburi cokelat bubuk dan letakkan stoberi yang dibelah di tengah cake. Cantik^^
10. Simpan dalam kulkas selama kurleb 4 jam.

*ini cake-nya bisa dipotong lho, tentunya setelah didiamkan selama 4 jam di kulkas. Jadi jangan ragu, bila ada yang menggunakan loyang bongkar pasang kemudian memindahkan cake-nya ke piring atau papan kue. Keep it refrigerated yang penting. Hayoo, praktik, praktik^^

Comments

Popular Posts