Uduk Bento

Nekat!! Pengen banget ikutan Bento Cooking Competition-nya DapurMasak^^. Karena saya di rumah makannya nasi dari beras pera padang, jadi butuh nasi dari beras pulen untuk membuat bento. *Apa ada yang pernah coba membuat bento dengan nasi pera? Tell me, ya^^.

Nah, mumpung aku juga lagi jadi reseller dan dropship nasi uduk instan dan warna serta nasi liwet instan, ya udah, aku pake aja deh tuh, uduk instan original. Soalnya, uduk original ini nggak banyak peminatnya :-(. Berasnya itu adalah beras garut pilihan yang pulen deh pokoknya. Dilengkapi dengan bumbu dan rempah yang diperlukan untuk memasak nasi uduk, tidak lupa santannya. Santan dalam kemasan nasi uduk instan ini adalah santan bubuk. Jadi, sebelum memasak, pastikan santan larut dan semua bahan diaduk rata. Nyalain rice cooker, tinggal nunggu deh ^__^. *yang mau pesan, hubungi aku ya, cuma Rp 17.000^^

Nggak ada ide dong, bingung!! Udah gitu, nggak punya peralatan bento pula. Maklum, aku belum ketemu pashion-nya di bento. Akhirnya aku putuskan bikin hello kitty aja. Aku punya cookies cutter hello kitty satu set. Aku pake yang paling gede. Ukurannya berapa, aku nggak tahu, nggak ngukur*__^.

Lanjut yuk!!
Bento
by Uni Cakes
Bahan I:
1 kotak nasi uduk instan original 250 gr
2 air 600 ml

Bahan II:
Tomat, ambil kulitnya saja
Wortel
Cabe ijo besar, buang bijinya. Bisa juga menggunakan paprika atau nori
Keju Slice

Pelengkap:
Bakwan udang
Tempe gorang tepung

Perlengkapan:
Cutter hello kitty
Wilton tip #4
Cutter angka 0
Cutter bintang

How To:
1. Masak bahan I hingga matang, ambil 1/2 cup, cetak menggunakan cutter hello kitty di atas piring atau boks bento;
2. Ambil selembar keju slice, potong menggunakan bagian dasar wilton tip #4. Buat 2 buah untuk mata;
3. Ambil cabe ijo (gunakan kulitnya saja), potong menggunakan bagian ujung wilton tip #4. Buat 2 buah untuk bintik mata;
4. Buat kumis dengan cabe ijo yang dipotong memanjang; 
5. Gunakan cutter angka 0 untuk membuat bagian tengah pita yang terbuat dari wortel. Karena hasil dari cutter 0 ini adalah oval (bagian dalamnya), maka bentuk sedemikian rupa hingga menjadi bulat;
6. Selanjutnya buat pita dengan tomat menggunakan cutter bintang. Potong tomat dengan mengambil 2 siku bintang, lakukan pada kedua sisi sehingga terbentuk pita;
7. Masih menggunakan tomat, bentuk hidung kitty. Ukurannya lebih kecil dari mata;
8. Setelah semua selesai, tata nasi uduk, bakwan udang, dan tempe dengan rapi di atas piring atau boks bento;
9. Gunakan garnish sesuai selera anda. 

Ini salah satu contoh nasi uduk instan; kuning

Nasuwa; Ungu


So, emang kelihatan mudah, tapi repot juga. Cuma, proses membuatnya itu sangat aku nikmati, jadinya enjoy aj. Walaupun hasilnya engga jelas gitu, tetap bangga, hehehe.

Mari berkreasi dengan bento^^

Comments

Popular Posts