Cupcake Theme Set 6; Taman

Assalamu'alaikum^^.

Handling fondant lebih mudah daripada handling cokelat modeling. Nah, itu kesimpulan sementara.
Hmmm, kali ini aku sertakan foto yang cukup banyak karena aku suka banget cupcakenya, hahaha. Ssst, jangan ikut ketawa ya^^.

Cupcake set 6. Ini adalah kali kedua aku 'bermain' dengan fondant. Kapan yang pertama? Tahun lalu! Yakk, tahun lalu bulan Februari. Bertempat di Markas NCC, Matraman dalam rangka kursus Crazy Cupcake. Hehe, sudah lebih dari setahun malahan ya. Dan, aku baru ingat bahwa hasil kursus crazy cupcake bersama Ibu Fatmah belum aku ceritakan di blog ini. Hmm, aku cari-cari dulu fotonya deh. Lupa. Tapi yang pasti, ada 1 foto yang aku jadikan sebagai wall paper tab.

Jamur, mawar, dan tas tangan. Tiga figurin itu yang menjadi materi ketika kursus. Masin-masing peserta mendapatkan 6 cupcake yang terdiri dari 3 vanila cupcake dan 3 cokelat cupcake. Dekorasinya terdiri dari fondant dan buttercream. Saat itu tanganku masih kaku rasanya. Sampai-sampai nih, mawar yang aku buat jadi mirip kembang kol, kata Bu Fatmah, hahaha. Jadi tertantang nih kalau ingat kata-kata itu. Semoga nanti pada percobaan kedua, mawarku benar-benar bisa disebut mawar ya ^_*.

Nah, kali ini aku membuat cupcake dengan tema taman. Cupcake ini pesanan teman kantor. CPNS. Untuk teman seangkatan mereka yang berulang tahun. Tidak ada tema khusus yang diminta, hanya saja yang penting adalah cupcake-nya cokelat dan si birthday girl suka warna kuning. Sampai saat akan mengeksekusi fondant, aku tidak terpikir tema apa yang akan aku buat. Yang pasti harus ada tulisan Happy Birthday dong! 

Fondant yang aku gunakan yaitu merk Bakels warna putih. Aku warnai sendiri semalam sebelum digunakan. Berhubung fondant yang akan terpakai tidak terlalu banyak, aku pikir sayang jika harus membeli fondant warna. Mahall. Dengan demikian, tentunya modal bertambah banyak.

Tulisan Happy Birthday aku buat dengan bantuan letter impress set. Ketika sudah jadi, aku teringat pada beberapa cupcake yang pernah aku lihat di website dan di pinteres. Selain itu aku juga teringat akan jamur yang aku buat ketika kursus dulu. Ahaaa, sempurna! Jadilah cupcake ini bertema taman ^o^. Lengkapnya, aku gunakan 2 cupcake sebagai base tulisan Happy Birthday. Selain itu ada ulat, bug, angka 24 yang menunjukkan umur orang yang berulang tahun, dan jamur.

Suka terpesona sendiri melihat hasil karya yang memuaskan. Hahaa, mulai lebay. Sejujurnya aku jatuh cinta pada cupcake yang aku buat ini. Dan cupcake set ini menonjolkan ciri khasku yaitu warna-warna pastel yang soft. Warna pink itu aku peroleh dari pewarna red red wilton. Hingga saat ini aku belum mendapatkan pewarna makanan merah yang hasilnya benar-benar merah. Anyone can help? Kadangkala untuk membuat rainbow hal ini cukup mengganggu. Sempat terniat membeli pasta golden brown yang khusus untuk rainbow, tapi kok sayang. Aku tidak sering membuat rainbow.

Jika harus menggunakan pewarna dalam jumlah banyak, aku suka nggak tega. Secara pribadi, aku lebih suka makanan dalam warnanya yang alami. Hal ini cukup berpengaruh pada semua kue dan masakan yang aku buat. Ketika ada yang memesan dan menghendaki warna yang terang, aku suka tidak tega. Jadi galau, huh! Hahaa, lebay tapi nyata #adalagi^^.

Hmm, semoga ada pesanan berikutnya yang menggunakan fondant ya, biar keahlianku dapat semakin diasah^^. Project berikutnya dalam waktu dekat tentunya kue ulang tahun untuk keponakanku yang menyukai kegiatan fotografi dan motor Rosi. Ya, Rosi si pembalap itu (ejaan namanya benar nggak sih? Salah kayaknya, tapi pada paham kan? Gitu aja deh). Dia suka banget sama motornya. Ketika abangnya dibeliin mobil-mobilan, dia malah minta motor-motoran. Dia suka motor Rosi sejak berusia 3 tahun, kalau tidak salah. Sedangkan ketertarikannya terhadap fotografi baru aku sadari beberapa waktu lalau ketika kami berkunjung ke taman burung di Taman Mini Indonesia Indah. Saat aku sedang asyik memfoto berbagai jenis burung, dia tiba-tiba bilang, 'umi, boleh pinjam kameranya'?
 
So, aku belum menentukan cake apa yang akan aku buatkan. Apakah cake berbentuk kamera atau cake dengan figurin motor? #contemplating.

Comments

Popular Posts