Kue Ulang Tahun dan Goodie Bag untuk Mba Dian

Assalamu'alaikum^^

Kue ulang tahun Khaira ini adalah cake dengan cokelat modeling yang pertama aku buat. Pengamalan membuat cokelat modeling juga yang pertama kali sebagaimana sudah aku ceritakan pada posting sebelumnya lengkap dengan resep yang pernah aku coba, mana yang berhasil dan mana yang gagal. Hanya saja aku belum bisa memprediksi apa penyebab kegagalan di salah satu resep yang aku pakai. Mungkin di antara teman-teman ada yang pernah membuat dengan resep yang sama? Boleh berbagi cerita melalui kolom komentar ya^^.

Kue ulang tahun ini adalah pesanan mba DianIKS di Ciganjur, Jagakarsa. Oh ya, anaknya mba Dian ini namanya Khaira. Tahun ini adalah ulang tahunnya yang ke-3 dan ulang tahunnya bertetapan dengan Hari Kartini. Walaupun penetapan Kartini sebagai pahlawan dan pendobrak tradisi yang mengekang wanita pada zamannya, tapi tetap saja, semoga si bitrhday girl tumbuh menjadi anak yang sholehah dan mempunyai kontribusi untuk masyarakat dan agamanya.

 
Ulang tahun Khaira ini dilangsungkan di sekolahnya. PAUD pastinya ya. Ulang tahun akan dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB setelah berakhirnya jam pelajaran. So, aku harus menemukan kurir yang bisa pick-up pagi-pagi sekali, maksimal pukul 06.30 WIB agar tidak terjebak kemacetan karena aku rasa jalan ke arah Jagakarsa dari Matraman cukup padat, terutama jika lewat tol. Entah, jalur non-tol. Berhubung yang akan diantarkan tidak hanya kue ulang tahun melainkan juga goodie bag sejumlah 20 buah, akau sarankan untuk menggunakan kurir mobil saja dan mba Diannya setuju. Aku temukan Chic Delivery dan mencoba untuk meminta bisa diambil pagi-pagi. Pihak Chic Delivery menyanggupi untuk berangkat dari lokasinya pada pukuk 06.30 WIB pagi dan setidaknya akan sampai di rumahku paling cepat pukul 07.00 WIB atau mungkin juga bisa pukul 07.30 WIB atau lebih. Karena tidak yakin akan sampai tepat waktu jika pick-up jam segitu akhirnya aku tawarkan untuk mengantar sendiri kue dan goodie bag menggunakan taxi pagi-pagi sekali. Dan, deal!!

Tema kue ulang tahun adalah Winnie The Pooh dan dominasi warna kue yang diminta yaitu hijau dan kuning muda. Mba Diannya tidak mau menggunakan figurin yang terbuat dari fondant karena berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, si figurinnya akhirnya terbuang begitu saja karena tidak dimakan. Dia khawatir hal yang sama terjadi walaupun belum pernah menggunakan figurin yang terbuat dari cokelat modeling. Akhirnya disepakati untuk menggunakan topper saja. Topper ini aku dapatkan di salah satu toko yang menjual pernak-pernik ulang tahun di Pasar Jatinegara. Buatannya tidak sehalus topper yang original aku rasa. Tentulah, harganya cuma Rp 18,000 saja sedangkan yang original mencapai Rp 85,000. Jauh sangat bedanya ya^^.

Base cake dari kue ulang tahun ini adalah lapis surabaya premium dengan selai stroberi. Sangat senang ketika yang punya hajat kirim pesan via BBM dan bilang, 'kuenya laris manis mba, lapsurnya lembut banget'. Rasanya hilang semua rasa letih dan capek harena harus begadang mengerjakan kue ini. Kenapa kudu begadang? Satu sebab saja, manajemen waktuku gagal!! Karena ini pengamalan pertama ngubek-ubek cokelat modeling dan aku pikir dekorasi akan simpel saja sehingga tidak butuh waktu yang lama untuk menghiasnya, maka aku mulailah itu pekerjaan pukul 09.00 WIB malam. Ternyata si cokelat modeling ini juga butuh perlakuan khusus sehingga aku jadi ketar-ketir sendiri. Apapun itu, akhirnya ia menjadi kue yang cantik, setuju? Hahaha, nggak narsis, nggak eksis.

Ah ya, di foto kue ini masih terlihat bekas-bekas tepung maizena yang aku jadikan sebagai alat bantu untuk menaklukan si modeling. Dan kadangkala mata kamera jauh lebih tajam dari mataku, hoho. Aku ngeh akan keberadaan sisa-sisa maizenan itu dari foto yang aku hasilkan. Kemudian, tentu saja dirapikan lagi^^.

Nah, goodie bag yang sebelumnya sudah aku ceritakan di sini adalah goodie bag yang dipesan oleh mba Dian. Isinya roti keju, nastar doggie, dan puding. Minimal order 20 set.


Comments

Popular Posts