Puding Ikan Koi; Puding Art Abal-Abal

Kenapa judulnya puding art abal-abal? Karena kali ini aku membuat puding koi dengan bantuan salah satu alat puding art yaitu suntikan. Hmm, cuma suntikan saja, tidak yang lainnya. Oh ya, aku sudah beli peralatan buat puding art yang murah meriah. Kalau tidak salah harganya nggak sampai Rp 60,000 deh. Tapi jangan bandingkan kualitasnya dengan peralatan puding art yang harganya Rp 300,000 ya^^. Aku sih belum pernah melihat langsung peralatan puding art yang mahal itu, tapi aku rasa untuk pemula, peralatan yang murah meriah sudah cukup membantu. Nah, persoalannya adalah mengumpulkan semangat untuk mengeksekusinya. Adakalanya aku baru mencoba satu resep baru (jika tidak amat sangat tertarik) jika ada yang memesan, seperti halnya puding ikan koi, hehe. So, mari dipesan-dipesan, biar aku bikin, hohoho.

Nah, resep yang aku gunakan masih sama dengan resep puding koi yang menggunakan teknik painting ya. Yang membedakan tentunya hanya teknik membuatnya saja. Oh ya, walaupun kali ini corak ikannya dibuat dengan bantuan suntikan, tapi untuk bagian mata, tetap harus menggunakan teknik painting. Namun jika teman-teman merasa tidak masalah dengan mata ikan yang belepotan, boleh saja langsung disuntikkan.

So, berikut cara yang aku coba:

Setelah pudingnya matang, sisihkan sedikit bagian puding. Hmm, kira-kira cukup untuk membuat corak si koi. Maaf nih tidak bisa memberikan takaran pasti karena pas bikin, aku juga ngira-ngira. Dan ketahuilah sodara-sodara, ilmu kiralogi itu cukup ampuh^^.

Tuang puding ke dalam cetakan ikan koi, diamkan sejenak hingga dingin tapi belum beku. Beri warna orange pada sisa adonan puding. Masukkan adonan ke dalam suntikan. Cara memasukkan adonan ke dalam suntikan pasti bisa dong ya, kayak suster kalau ngambil darah, hehe. Perumpamaannya^^.

Suntikkan adonan adonan puding orange ke sisi-sisi cetakan puding. Suntikkan pada titik-titik tertentu yang diinginkan. Balik lagi, sesuai corak yang kita inginkan. Bagiku yang pemula, masih agak kerepotan membentuk corak ikannya dengan suntikan ini. Tapi bagi yang sudah ahli, tentunya sudah bisa membuat corak ikan koi yang cantik ya^^.

Adonan juga bisa disuntikkan dari tenggah-tengah badan ikan. Tusukkan suntikan ke adonan yang belum beku, arahkan suntikan ke titik-titik yang diinginkan. Pastikan suntikan menyentuh dasar cetakan puding sehingga adonan orange yang disuntikkan dapat dipastikan keluar di dasar cetakan, bukan di dalam badan ikan. Semoga bisa dipahami ya^^.

Bagian mata, tetap menggunakan teknik painting. Oles sedikit pewarna hitam dengan kuas kecil, sapukan ke bagian mata ikan. Bentuk mata yang bulat sempurna^^. Dapat melihat dong beda ikan koi yang aku buat dengan teknik painting dan dengan teknik puding art abal-abal ini. Secara pribadi, aku lebih suka cara yang ini.

So, itu dua cara yang baru aku temukan. Semoga membantu gaiss ^o^.

Comments

Post a Comment

Popular Posts