Banana Spongecake


Assalamu'alaikum ^^
#resep

Kue berbahan dasar pisang selalu menjadi pilihan, bukankah demikian? Aku pernah mencicipi kue pisang ketika bertamu ke rumah kakak iparku. Kuenya enak, lembut, dan pisangnya terasa sekali. Teksturnya pun masih ada. Sayangnya kue itu bukan bikinan kakak iparku sehingga ku tidak bisa menanyakan resepnya. Beberapa hari setelahnya aku mencari resep kue pisang di mbah google. Ketika aku mencoba  membuat untuk pertama kalinya, aku gagal. Kuenya sangat padat, bukan bantat. Sempat menyerah terhadap kue pisang ini, hingga aku temukan beberapa resep yang tampaknya menghasilkan kue pisang yang enak.

Banana Spongecake. Teksturnya tidak jauh berbeda dengan spongecake pada umumnya, lembut berpori dan ringan. Guratan-guratan serat pisangnya juga dapat terlihat di dalam bagian cake. Namun demikian, bukan ini. Bukan kue pisang ini yang aku makan waktu itu. Eniwei, aku sangat suka dengan kue pisang ini.


Banana Spongecake
Resep dari JTT
Modif Uni Cakes

Bahan:
180 gram pisang ambon
3 butir telur
75 gram gula pasir
150 gram tepung terigu protein sedang
90 gram mentega, lelehkan

How To:
1. Siapkan pada suhu 170'C;
2. Siapkan loyang ukuran 20x10x7 cm, alasi permukaan loyang dengan kertas roti, sisihkan;
3. Rendam telur di dalam air hangat kuku selama 2-3 menit;
4. Kocok telur dan gula pasir dengan kecepatan rendah hingga tercampur rata. Naikkan kecepatan, kocok hingga mengembang dan kental;
5. Sementara itu, hancurkan pisang dengan garpu. Jika menggunakan hand mixer, hancurkan pisang terlebih dahulu sebelum memulai mengocok adonan;
6. Masukkan pisang, aduk balik hingga rata;
7. Masukkan terigu, aduk balik hingga rata. Lakukan dengan perlahan agar adonan tidak mencair;
8. Tuang 1/4 adonan ke dalam mentega cair, aduk balik hingga rata. Masukkan sisa adonan, aduk balik hingga rata;
9. Tuang adonan ke dalam loyang, panggang selama kurang lebih 40 menit atau hingga matang dan permukaannya menjadi kuning keemasan.


Aku melakukan sedikit modifikasi pada resep dan proses pemanggangan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan.

Salam wangi pisang^^

Comments

Popular Posts