Pindang Serani


Assalamu'alaikum ^^
#resep

Untuk beberapa waktu ke depan, tampaknya akan banyak bermunculan postingan terkait ikan. Yupz, aku sedang senang-senangnya mengolah ikan sebagai menu utama, tentunya yang cukup bervariasi. Jika biasanya aku mengolah ikan menjadi menu standar seperti balado, cabe ijo, asam pedas, asam manis, dan gulai maka di blog ini aku akan berbagi tentang aneka olahan ikan yang aku buat. Walaupun aku sudah sering membuat olahan ikan yang standar, tapi tampaknya hampir tidak pernah aku share di sini. Aku terlalu fokus pada kue dan camilan sedangkan menu atau hidangan utama sering terlewatkan.

Berhubung masih banyak resep ikan yang menunggu untuk dieksekusi maka aku share satu per satu olahan ikan yang sudah aku buat. Untuk resep pertama, aku pilih Pindang Serani. Resep-resep ini (dan yang akan aku posting) aku ambil dari sebuah buku masakan yang mengupas seputar olahan ikan. Lumayan banyak resep di sana. Aku berencana untuk mencobanya satu per satu.


Pindang Serani

Bahan:
800 gram steak ikan tongkol (sebaiknya gunakan ikan yang berlemak seperti bandeng, tuna, atau belanak)
1 sdm air jeruk nipis
1-2 batang serai, memarkan
10 buah caber rawit utuh
1 lembar daun salam
1 sdt garam
1 sdm gula jawa
1 sdm air asam jawa
1 l air

Bumbu Dihaluskan:
7 buah bawang merah
3 siung bawang putih
2 sdt lengkuas, cincang
2-3 sdm kunyit, sangrai agak gosong, kupas

3 sdm minyak goreng

How To:
1. Lumuri daging ikan dengan 1 sdm air jeruk nipis, diamkan 10 menit, tiriskan;
2. Tumis bumbu halus, serai, dan daun salam hingga matang;
3. Tuang air dan air asam jawa, didihkan;
4. Masukkan ikan dan sisa bahan lainnya, kecilkan api;
5. Masak sampai ikan matang dan bumbu meresap (asam, manis, gurih) dan kuah bewarna kekuningan.

Comments

Popular Posts