Klappertaart Durian


Assalamu'alaikum ^^
#resep

Berhubung masih ada stok durian beku di rumah, aku putuskan untuk membuat klappertaart durian saja. Tapi oh, lihatlah toppingnya, haha. Jadi, ketika aku icip adonan sebelum dioven, rasanya terlalu manis karena aku lupa mengurangi takaran gula. Rasa manis dari durian membuat klappertaart ini menjadi sangat manis. Untuk tidak menambah rasa manisnya, penggunaan gula pada topping aku skip. Selain itu, aku kehabisan terigu. Jadi, terigu aku ganti dengan maizena. Jadilah toppingnya kuning pucat begitu, hihi. Resep yang aku sertakan ini sudah aku kurangi takaran gulanya. Jika kamu masih merasa terlalu manis, kurangi lagi saja takarannya karena tingkat kemanisan durian tentunya berbeda-beda.

Klappertaart Durian
Modified by Uni Cake form Klappertaart Wilton

Bahan:
1 L susu cair
200 gram gula pasir
50 gram tepung terigu
50 gram tepung maizena
50 gram tepung custard
150 gram mentega
6 butir kuning telur
4 butir kelapa muda, kerok dagingnya
300 gram daging durian
100 gram kenari panggang, cincang
Kayu manis bubuk

6 butir putih telur
4 sdm gula pasir
2 sdm tepung terigu
Kayu manis bubuk
Kismis

How To:
1. Didihkan 700 ml susu cair bersama gula. Gunakan api kecil;
2. Larutkan tepung terigu, maizena, dan custard dengan 300 ml susu cair yang tersisa, tuang ke dalam susu yang mendidih, aduk-aduk hingga adonan meletup-letup, matikan api;
3. Masukkan mentega, aduk rata;
4. Tambahkan kuning telur satu per satu, aduk rata;
5. Masukkan kenari cincang dan durian, aduk rata;
6. Tambahkan daging kelapa muda, aduk rata;
7. Taburkan sedikit kayu manis, aduk rata. Tuang ke dalam loyang, panggang dengan cara au bain marie selama 15 menit atau setengah matang dengan pi 160'C;
8. Sementara itu, buat adonan topping. Kocok putih telur hingga berbusa, tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit hingga kaku. Tambahkan terigu, kocok rata. Masukkan ke dalam plastik segitiga, sisihkan hingga siap digunakan;
9. Keluarkan loyang, semprotkan adonan topping, taburi kayu manis, dan kismis, panggang hingga matang dan permukaan topping berwarna cokelat keemasan.
Kayu manis dan kismis juga aku skip kali ini. Bukan apa-apa, hanya lupa^^.

Comments

Popular Posts