Nutella Truffles


Assalamu'alaikum ^^
#resep

Kehebohan nutella mungkin sudah berlalu. Tapi kenikmatan selai cokelat lembut dengan sentuhan kacang sangat nikmat itu tentu tidak juga berlalu begitu saja. Masih banyak resep yang bisa diolah dengan memasukkan selai impor itu sebagai salah satu unsurnya. Sebenarnya tidak perlu repot mengolah nutella menjadi berbagai penganan dan hidangan karena mengkonsumsinya begitu saja sudah terasa lezat. Pasti kamu tidak rela sedikit selai saja tersisa di botolnya, aku pun sama ^^.

Namun begitu, tetap saja para bakuler tidak henti-hentinya berinovasi dengan bahan-bahan baru. Salah satunya adalah Nutella Truffles ini. Resepnya tidak banyak. Hanya menggunakan 3 bahan utama dan cara membuatnya pun sangatlah simpel. Hanya saja, harganya tentu tidak murah, hehe. Bahan apa saja yang kita butuhkan? Yuk, intip^^.


Nutella Truffles
by Eugenie Kitchen

Bahan
120 gram whippy cream
130 gram dark compound cokelat
110 gram nutella

Pelengkap
Cokelat bubuk
Green tea bubuk
Kacang mede, sangrai, cincang

How To:
1. Cincang kecil cokelat, masukkan dalam mangkok, sisihkan;
2. Didihkan whippy cream, tuang ke dalam mangkok berisi cokelat, aduk hingga cokelat leleh dan rata;
3. Tuang nutella aduk rata;
4. Biarkan uap panasnya hilang, tutup, dan simpan di dalam kulkas (chiller) selama minimal 2 jam;
5. Siapkan cokelat bubuk, green tea bubuk, dan kacang yang sudah dicincang dalam wadah masing-masing. Keluarkan adonan truffles, ambil sesendok, bulatkan, gulingkan ke dalam cokelat bubuk hingga rata;
6. Letakkan di dalam papercase. Lakukan hingga adonan habis dan bergantian dicelupkan ke cokelat bubuk, green tea bubuk, atau kacang sesuai selera;
7. Hidangkan atau simpan kembali di dalam kulkas dalam wadah tertutup. Lebih enak disajikan dingin.


Adonannya sedikit lembek memang. Tangan akan belepotan saat membulatkannya. Jika tidak ingin ini terjadi, gunakan saja sarung tangan.

Bagaimana? Gampang kan? Nah, bahan untuk membalutnya bisa dimodifikasi apa saja. Isinya pun bisa dimodifikasi. Tapi nanti tentu saja namanya tidak lagi Nutella Truffles. Nah, untuk bahan balurannya ini, bisa juga menggunakan tepung maizena, sangrai sebentar. Cincangan kacang almond, cashew nut, atau gula halus juga bisa. Kalau menggunakan gula halus mungkin agak kemanisan ya. Oh ya, aku paling suka yang cokelat sama green tea. Rasa pahit dari cokelat dan green tea sangat pas untuk menetralisir rasa manis trufflesnya. So, jangan ragu untuk bereksperimen ya, gaiz^^.

Salam^^

Comments

Popular Posts