Red Velvet Cake

 

Assalamu'alaikum ^^
#resep

Voila...
Red Velvet Cake! Hihi, telat banget deh. Ya, beginilah diriku. Ketika sebuah resep sedang populer, aku tidak begitu berminat mengeksekusinya. Tapi tetap, resepnya sudah disimpan lebih dulu. Aku lebih fokus pada must try cake list yang sudah aku susun walaupun tidak begitu rapi. Intinya, ikut-ikutan trend yang sedang in, bukan aku banget kecuali ada pesanan atau aku memang sedang ingin membuatnya (baca: ngiler sangat), hehe.

Ada banyak versi red velvet yang beredar. Mulai dari red velvet versi Martha Stewart, Joy of Baking, ncc, dan yang lainnya. Sedangkan resep yang aku eksekusi adalah resepnya Teh Ricke Indriani. Dari semua resep tersebut terdapat kesamaan bahwa cake berwarna marun ini adalah jenis butter cake.

Warna merah marun pada cake ini dapat diperoleh dari pasta red velvet. Selain itu ada juga yang menggunakan juz buah bit yang dimasak sebentar. Tapi yang paling umum digunakan adalah perpaduan pewarna merah dengan cokelat bubuk yang berwarna kemerahan. Jika kamu berkomitmen menggunakan bahan alami, pilihannya tentu saja jatuh pada juz buah bit. Namun begitu, juz buah bit ini tetap harus dibantu dengan pewarna merah karena warna asli dari buah bit tidak mampu menghasilkan warna merah marun yang cantik seperti biasa dibuat oleh para baker atau seperti yang dijual di toko kue. Nah, jika kamu tidak keberatan dengan warna marun yang lembut, tidak perlu menambahkan pewarna makanan.

Resep asli dari Teh Ricke ini hampir tidak ada yang aku modifikasi. Satu-satunya modifikasi adalah pada penggunaan krim keju. Resep yang dishare Teh Ricke menggunakan krim keju sejumlah 250 gram, sedangkan aku menggunakan 500 gram krim keju. Tentu saja hal ini mempengaruhi pada tekstur dan rasa krimnya. Krim yang aku buat terasa sangat ngeju. 


Red Velvet Cake
by Ricke Indriani

Bahan Cake:
125 gram mentega tawar
250 gram gula kastor

2 butir telur
1 sdt vanila

250 ml buttermilk
2 sdt pewarna merah

250 gram tepung terigu protein sedang
15 gram cokelat bubuk
1/2 sdt garam
1/2 sdt baking powder

1 sdt cuka makan
1 sdt soda kue

How To:
1. Panaskan oven pada suhu 180'C. Siapkan 3 buah loyang bulat ukuran 20x4cm atau 1 buah loyang bulat 20x7cm, alasi kertas roti, sisihkan;
2. Campur dan ayak terigu, cokelat bubuk, garam, dan baking powder, sisihkan;
3. Kocok mentega hingga lembut. Masukkan gula kastor, kocok hingga mengembang dan fluffy;
4. Masukkan telur satu persatu sambil dikocok rata. Masukkan vanila, kocok rata;
5. Turunkan kecepatan mixer, masukkan campuran terigu dan buttermilk secara bergantian, dimulai dengan terigu dan diakhiri dengan terigu (terigu dibagi menjadi 3 bagian dan buttermilk dibagi menjadi 2 bagian). Matikan mixer;
6. Tuang cuka makan ke dalam soda kue (akan berdesis dan berbusa). Segera masukkan ke dalam adonan, aduk rata dengan spatula;
7. Tuang adonan ke dalam loyang, segera masukkan ke dalam oven. Panggang sampai matang sekitar 30 menit (jika adonan dibagi ke dalam 3 loyang) atau 50-60 menit (jika adonan menjadi 1 di dalam loyang ukuran 20x7cm). Cake yang matang memiliki permukaan yang membal bila disentuh. Dinginkan.

Bahan Krim Keju:
500 gram cream cheese, suhu ruang
100 gram mentega tawar
200 gram whippy cream bubuk
400 ml air es

How To:
1. Kocok cream cheese dan mentega hingga lembut, sisihkan;
2. Campurkan whippy cream dan air es, kocok hingga mengembang dan kaku;
3. Masukkan campuran cream cheese dan mentega ke dalam whipped cream, kocok dengan kecepatan rendah hingga tercampur rata. Simpan di dalam kulkas hingga saat digunakan.


Penyelesaian:
1. Belah cake menjadi 3 bagian yang sama (jika menggunakan 1 loyang);
2. Ambil selembar cake, beri filling krim keju. Tumpuk dengan selembar cake. Lakukan hingga selesai;
3. Poles seluruh bagian cake dengan krim keju, hias sesuai selera.

Mentega tawar dapat diganti dengan salted butter. Jika menggunakan salted butter maka skip penggunaan garamnya. Sedangkan gula kastor dapat dibuat dari gula pasir putih yang diblender halus.

Buttermilk tidak mudah diperoleh di sembarang toko. Bagi yang kesulitan mencari buttermilk, tidak perlu khawatir. RVC dapat dibuat dengan susu UHT saja. Tapi tentu akan sedikit berbeda hasilnya dari segi rasa dan tekstur. Agar mendapatkan hasil yang mendekati sempurna buttermilk dapat dibuat dengan mencampurkan 1/2 sdt cuka makan atau 1 sdm air jeruk lemon/nipis ke dalam 250 ml susu cair. Diamkan 10 menit, susu akan pecah, menggumpal, dan mengental seperti yogurt.

Warna merah pada bagian luar cake terbuat dari remahan cake. Caranya, hancurkan sisa trim-an cake, panggang sebentar hingga agak kering. Remahan cake siap digunakan.

Salam^^

Comments

Popular Posts