Klepon Ubi Isi Cokelat


Di kampung saya, Padang Jopang-Sumatera Barat, klepon ini disebut onde-onde. Hehehe, emang, beda banget sama onde-onde di sini yang isinya kacang ijo serta dibalut wijen. Joke-nya ni ya, ingat loh, becandaannya aja, ga tau beneran apa engga, tapi katanya, kenapa si klepon ini disebut onde-onde di tempat kelahiranku adalah karena: onde-onde itu kan isinya gula merah yang ketika dipanaskan mencair. Ketika digigit, gulanya itu muncrat deh tuh (makannya ga anggun^*, hiyaaa, sotoy), bisa ngenain muka, bisa juga ngenain baju. Nah, pas si gula merah ini muncrat, kata-kata yang keluar dari orang Minang yang memakannya adalah "NDE, ONDE" (kata ONDE dalam bahasa Minang itu kalau dibahasa-Indonesiain, sama aja dengan kata ADUH). Hahahaha, benar ato engga sejarahnya, hanya dia (siapa dia? au #angkatbahu) dan Tuhannya yang tahu ^o^.

Duluuu, duluu, ketika di Padang Jopang, aku doyan banget sama namanya klepon ini. Dan, entah mengapa aku merasa, klepon di kampungku dengan klepon yang dijual di sini itu beda. Perasaan doang kali ya, soale udah lama sekali aku tidak makan klepon. Bayangin, 4 tahun kuliah aku gak pernah lo makan klepon #kesedak. Ho'oh, benaran!!

Nah, tahun ketiga setelah kuliah inilah saatnya bikin klepon sendiri. Lama amat? Engga, gak ada istimewanya selain resep ini adalah resep yang aku buat untuk disetorkan ke NCC Chocolate Week. Kalau biasanya klepon terbuat dari tepung ketan dan tepung beras, aku bikin dari ubi dan tepung sagu. So, yuk bikin.

Resep aslinya tuh ada di sini nih, klik!! 
Klepon Ubi Isi Cokelat
by Uni Cakes

Bahan:
Kulit
300 gr ubi, kupas
85 gr tepung sagu
1/2 sdt garam

Isi:
75 gr cokelat button. Bisa juga menggunakan cokelat couverture

Pelapis:
1/4 butir kelapa, parut kasar
1/4 sdt garam
2 lb daun pandan

How To:
1. Kukus ubi yang telah dikupas hingga matang;

2. Haluskan ubi (aku menggunakan food processor), tambahkan tepung sagu dan garam, aduk rata;

3. Timbang adonan seberat 18 gr dan pipihkan. Isi dengan cokelat yang dicincang halus, bulatkan;


4. Panaskan air hingga mendidih. Rebus klepon hingga mengapung, angkat, tiriskan;


5. Pada saat merebus klepon, kukus bahan pelapis;

6. Gulingkan klepon yang sudah matang di dalam bahan pelapis, angkat dan tata di piring saji.

Sesimpel memakannya^*

Comments

Popular Posts