Susu Kedelai; Step by Step

Bikin susu kedelai tuh, udah kayak apa aja deh. Lamaaaa banget 'melestarikan niatnya', hehehe. Sebenarnya aku belajar membuat susu kedelai ini pertama kali waktu berumur 12 tahun, kelas VI SD! Wawww, yeahh. Saat itu, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Padang Jopang mengundang seorang 'guru' untuk mengajarkan cara membuat susu kedelai dan bolu kukus mekar kepada masyarakat di lingkungan aku tinggal. Karena ama-ku tidak bisa menghadirinya, jadilah anak gadisnya ini yang diworo-woro untuk belajar. Gpp, banyak hikmahnya, hehe. Salah satunya, aku gagal total mengeksekusi susu kedelai ini hampir 6 tahun setelah pelajaran hari itu. Hahahaa, ceritanya mau membangkitkan apa yang tersimpan di alam bawah sadar, eh ternyata alam sadarnya ikut ngerecokin juga ^o^.

7 tahun setelah kegagalan itu, saya menguatkan tekad untuk mencoba lagi. (Ceritanya udah punya food processor, hehe, *pamer mode on). Saya beli setengah kilo kacang kedelai dan sempat menganggur selama 1 minggu, teteup aja malesnya menang. So, singkatnya, aku bikin deh tuh ya. Dan, ta daaaa, sukses lho, ladies, hehehe. Ini kali ketiga (tepatnya 2, karena yang pertama cuma ngeliatin doang ^o^) aku bikin susu kedelai.

Kenapa aku sangat bersemangat belajar membuat susu kedelai ini?
1. Aku suka;
2. Aku berniat hamil dalam jangka waktu dekat (program ceritanya, tapi program sendiri aja tanpa bantuan dokter*^)
3. Gampang euyy^^

Eksekusi yukk!!

Susu Kedelai
by Uni Cakes

Bahan:
150 gr kacang kedelai
1 liter air
50 gr gula pasir
Vanili secukupnya (bisa diganti dengan menambahkan jahe, esens, atau perasa lainnya)
Garam secukupnya

How To:
1. Rendam kacang kedelai selama kurang lebih 3-4 jam, buang kulit arinya, tiriskan;

2. Blender kacang dengan 1/3 bagian air, saring menggunakan kain berserat halus;



3. Ulangi mem-blender hingga 3 kali, sehingga sari kedelai benar-benar didapat dan ampas yang tersisa benar-benar ampas;

4. Rebus segera dengan menambahkan gula pasir, vanili, dan garam. Terus aduk selama merebusnya dan matikan api segera setelah mendidih;
5. Sajikan hangat atau dinginkan dan simpan di dalam kulkas. Untuk penggunaan dalam jangka waktu lama, bekukan di freezer.

Comments

  1. dengan resep ini kekentalan soyanya bagaimana ( pas-kah kekentalannya ) dan kalau untuk dijual apakah masih mendapatkan keuntungan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba, maaf nih baru lihat komennya.
      Kekentalannya pas mba menurutku. Nggak terlalu light dan nggak juga kental banget.

      Kl untuk dijual, bisa aja, Menyesuaikan saja harganya.

      Delete

Post a Comment

Popular Posts