Wedding Praline

Kali ini Uni Cakes mau posting step by step proses pembuatan Wedding Praline. Yup, cokelat berbentuk hati nan cocok dijadikan sebagai souvenir pernikahan. Terlihat lux dan berkelas. Nah, langsung aja ya. Karena post-nya akan cukup panjang, cuap-cuapnya cukup segini aja^*.

Wedding Praline
by Uni Cakes

Bahan:
Dark Cooking Chocolate
White Cooking Chocolate
Selai/Almond/Kenari/Isian lain sesuai selera (dan permintaan konsumen tentunya)

How To:
1. Lelehkan Cokelat dengan metode au bin marie. Lelehkan cokelatnya secara terpisah ya. Yang warna coklat sendiri dan yang putih sendiri. Nah, kebetulan yang sempat aku fotoin step by stepnya itu cuma yang putih aj, gpp lah ya. Sama aja kok^^.

2. Siapkan cetakan cokelat, cokelat leleh, dan isian.

3. Tuang cokelat leleh ke dalam cetakan. Cukup sepertiga saja. Gerakkan cetakan, hingga cokelat menutupi sisi-sisi cetakan. Simpan di dalam kulkas kurang lebih 5 menit.

4. Isi dengan isian. Nah, kali ini aku pakai ubi kuning yang sudah dikukus dan dipotong kecil-kecil, kira-kira bisa masuk ke cetakan cokelatnya. Tuang kembali cokelat sampai penuh, ratakan dengan menggoyang-goyang cetakan. Simpan di dalam kulkas lebih kurang 5-8 menit.

5. Cetak huruf L-O-V-E dengan cokelat menggunakan cetakan huruf. Menggunakan cetakan silikon seperti berikut membantu memudahkan kita mengeluarkan cokelat setelah padat.

6. Keluarkan cokelat dari dalam cetakan. Tempelkan huruf pada masing-masing cokelat dengan bantuan cokelat leleh sebagai perekat.
7. Tata cokelat di dalam box mika cokelat.

8. Gunakan pita sebagai aksesori. Atau gunakan juga aksesori lainnya. Sekreatifnya aja. Bongkar-bongkar aja apa yang di lemari^*.

Tips:
1. Kalau kamu gak pakai isian, maka pada step ke-3, langsung penuhi cetakan dengan cokelat dan simpan di dalam kulkas selama kurang lebih 5-8 menit.
2. Cokelat biasanya gampang untuk dikeluarkan dari cetakannya. Jika cokelat tidak mau keluar, simpan kembali di dalam kulkas selama 2-3 menit.
3. Gunakan cokelat sesuai kebutuhan. Maksudnya, jika ingin membuat rainbow praline, maka gunakan cokelat berwarna, contohnya merk Mercolade. Jika kurang suka dengan rasanya, kamu dapat menggunakan cokelat putihnya Colatta dan tambahkan pewarna makanan sesuai selera.

Comments

Popular Posts