Aneka Jenis Cokelat

Di sela-sela hingar-bingar NCC Cheese Culinary Weeks, aku mau share tentang si 'hitam' manis cokelat. Sebelumnya di event NCC Chocolate Culinary Weeks aku pernah posting tentang pohon cokelat yang merupakan asal muasal aneka jenis cokelat yang kita konsumsi. Jika ingin membaca-baca kembali, silahkan klik di sini.

Beberapa hari yang lalu, aku iseng moto-motoin stock cokelat yang ada di lemari bahan. Yang tidak sempat terfoto adalah cokelat batangan, padahal sebenarnya ada stok milk chocolate. Pada posting kali ini aku tidak akan membahas penjang lebar tentang masing-masing dari jenis cokelat tersebut namun sekedar berbagi foto saja. So, let's start it^^
1. Cokelat chip pelangi

Dari fotonya jelas sudah kenapa cokelat chip ini disebut pelangi. Cokelat chip jenis ini bisa digunakan sebagai taburan kue, isian minuman, dan sebagai bahan utama pembuatan funfetti cake yang digabungkan dengan sprinkle pelangi. Wanna try some recipes? Look at this. Aku sendiri belum pernah membuat cake ini. Mm... tentu saja fungsi lainnya adalah camilan si bocil^^.

2. Cokelat chip

Cokelat chipnya kena tepung, jadi kayak bedakan gitu ya, hihihi. Suatu hari fotonya akan ku ganti, stay calm! Hehehe. Bisa buat apa saja? Buaannyaakk. Dilelehin pun sebagai praline, bisa. Serba bisa deh!!
 
3. Cokelat beras atau biasa kita sebut meises

Cokelat beras ini jenisnya juga banyak. Ada yang cokelat polos seperti ini, ada yang berwarna, dan ada juga yang pelangi. Oh, tentu saja ada cokelat berasa polos warna biru, pink, dan sebagainya. Waktu kecil, kalau ibuku membuat bolu, selalu ditaburi meises ini. Nah, ketika bolunya sudah dipotong, yang dimakan adalah bagian yang ada meisesnya ini. Sisanya tetap dimakan sambil lirik-lirik meises di potongan kue berikutnya. Huaaa, maunya tuh, aku bagian yang ada meisesnya aja dan tolong datangkan seorang relawan yang akan memakan bagian lainnya, hehehe.

Dan bagian yang paling lucu, aku selalu kebagian tugas membeli si cokelat beras ini. Belinya jalan kaki. Penjualnya adalah kakek (jauh) ku, warungnya tidak jauh dari rumah. Beli Rp 500 dapat 5 bungkus kecil. Biasanya 2 bungkus untuk 1 kue. Sesampainya di rumah, sisa 4 bungkus saja. Yang 1 bungkusnya sudah aku 'gado' sembil jalan pulang, hehehe. Konyol juga sih, tapi semua anak begitu, kan? #kedip2nyariteman.
4. Cokelat button

Fotonya buram nih...
Guys, inilah cokelat yang selalu aku pakai untuk membuat si brownies melted dan choco nastar.

5. Cokelat bubuk

6. Cokelat batangan

Maaf nih, yang cokelat batangan fotonya menyusul ya^^.

Ding dung!! Aku seharusnya juga posting soal keju-kejuan ya. Cuma, keju yang biasa aku gunakan barulah cheddar (termasuk yang quick melt), mascarpone, cream cheese, parmesan, dan edam. Oh, banyak juga ya, sayang tidak pernah aku fotoin tuh keju-kejunya. Sekarang lagi pengen nyobain keju gouda nih, tapi belanja online di Titan Fatmawati belum ada respon sejak hari Kamis lalu. Sepertinya harus ditelpon ya.

*Makan bakso enak nih, panas dan pedas pas lagi hujan.
Abis itu maag-ku kumat, hiyaaa...

See U^^
Wassalam

Comments

Popular Posts