Biji Ketapang Keju Salut Wijen Hitam

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Hai gaiss, resep biji ketapang keju ini harusnya dieksekusi pas even keju-kejuan NCC kemaren ya.. Niat hati memeluk gunung, apalah daya tangan tak sampai. Kesibukan di kantor bahkan di akhir pekanpun masih harus mengikuti workshop memang menjadi persoalan utama, hanya saja posisinya sekarang, it's my prime job now dan nge-bakul adalah side job yang sedang diusahakan untuk menjadi prime job, soon.

Akhir pekan lalu, ketika tidak ada kegiatan kantor, aku berusaha membunuh rasa malas dan bikin si biji ketapang. Kalau tidak salah, biji ketapang merupakan salah satu camilah tradisional khas Betawi. Aslinya terbuat dari campuran bahan-bahan yang di dalamnya terdapat unsur kelapa parut yang disangrai. Namun, aku mau memodifikasi sedikit. Kelapa kering aku gantikan dengan keju parut dalam takaran yang sama.

Seumur-umur, ini pertama kali aku membuat biji ketapang. Duluuu, ketika masih di Padang Jopang, aku tidak pernah membuat camilan yang satu ini walaupun di setiap Ramadhan kami membuat banyak sekali kue kering. Walau tidak pernah membuat bukan berarti tidak pernah mencoba, dong. Tetanggaku selalu membuat camilan nan manis gurih ini setiap lebara. So, kalau sedang silaturrahim selepas shalat Ied, camilan yang digoreng ini menjadi pilihan utamaku. Tentu saja, aku sudah tidak tertarik lagi dengan butter cookiesnya karena sudah melimpah ruah di rumahku dengan berbagai varian. Ya, butter cookies, atau yang populer dengan nama kue mentega di kampungku, selalu aku modifikasi baik dari segi bentuk maupun rasa. Ada kue mentega dengan choco crunch, ditabur buah kering seperti kismis, kurma, dan bahkan sukade. Lalu sering pula aku tambahkan corn flake ke dalam adonannya. Tampilannya pun beragam, ada yang disemprit, dicetak/digiling, dibentuk dengan tangan, dicetak dengan cetakan kue satu, dan beragam bentuk lainnya.

Back to the topic, singkatnya, aku kangen dengan camilan jadul ini. Kelapa tak ada, kejupun jadi^^. Yuuk, intip resepnya...
Let's roccckk!!! (Udah kayak di zombie land ^o^)

Biji Ketapang Keju Salut Wijen Hitam
Original recipe by Femina
Modified by Uni Cakes

Bahan:
100 gr gula pasir
25 gr margarin
1 butir telur ayam
300 gr tepung terigu, ayak
75 gr keju, parut
50 ml susu cair
50 gr wijen hitam
Minyak untuk menggoreng

How To:
1. Kocok gula pasir, telur, dan margarin hingga tercampur rata;
2. Tambahkan tepugn terigu dan keju secara bergantian dengan susu cair, aduk rata;
3. Ambil sedikit adonan, bulatkan, gulingkan di dalam biji wijen, pastikan terbalut sempurna, sisihkan;
4. Goreng dalam minyak banyak dan panas hingga matang dan berwarna cokelat keemasan, angkat, tiriskan.

Kalau ingin membuat biji ketapang keju tanpa biji wijen sebagaimana dalam fotoku juga ada, langkah nomor 3 diganti dengan menggulung adonan seberat 100 gram menjadi bentuk silinder berdiamter 1 cm dan potong serong 1 cm. Langsung goreng tanpa disalut biji wijen. Oh ya, berdasarkan pengalamanku, sebaiknya menggoreng menggunakan api sedang cenderung kecil. Tentu saja minyak sudah dalam kondisi panas terlebih dahulu. Jika menggoreng dengan api besar, biji ketapang akan gosong di luar namun belum matang di dalam.

Oh iya, di foto juga tampak biji ketapang yang disalut wijen putih tuh. Nah, ceritanya begini... Pas lagi bikin biji ketapang keju ini, aku tiba-tiba teringat akan kue wijen yang sering ibuku dan aku bikin untuk lebaran. Mencoba mengingat-ingat, aku hanya punya wijen hitam. Gapapa lah, dicoba aja. Nah, pas lagi buka lemari bumbu dapur, nemu deh wijen putih, dikiiiiittt banget. Gak ada 1 sdm. Sookk lah, pakai saja...

So, apapun itu, tetaplah kreatif^^. Gagal itu biasa, berulang kali gagal, itu luar biasa, hohhoho. Maksudnya jangan ampe berkali-kali juga gagalnya. Karena, kalau gagalnya berkali-kali itu artinya tidak pernah mengambil hikmah dari kegagalan sebelumnya^^. Mari, belajar dan belajar...

Wassalam^^

Comments

Popular Posts