Bolu Kukus Ketan Hitam; Cake Potong

Cake potong selalu menjadi sajian yang tidka terlupakan dalam berbagai kegiatan, perayaan, dan syukuran, atau bahkan sekedar rapat dan arisan. Selain cantik, cake potong digemari karena potongannya yang kecil, pas untuk sekali-dua kali gigit. Bagi mereka yang sedang berdiet, mengkonsumsi sepotong cake ini tentu tidak akan terlalu merasa berdosa. Kalau nambah ampe 5 potong, ya, mah doyan^^.

Pada dasarnya cake potong bisa dibuat dari resep cake apa saja, menurutku. Cake potong yang banyak beredar biasanya terbuat dari resep sponge cake yang sedikit (atau bahkan tidak) dimodifikasi. Kali ini aku bikin cake potong dari kue bolu kukus ketan hitam. Kenapa tiba-tiba si bolkus ketan hitam ini berubah menjadi cake potong? Rasanya repot untuk membawanya dalam bentuk utuh untuk camilan dalam perjalanan. Akhirnya aku potong-potong dan tiba-tiba muncul ide untuk menambahkan parutan keju sebagai topping dan jadilah satu lagi setoran untuk even Cheese Culinary Weeks-nya NCC ^o^. Ketidaksengajaan seperti ini selalu membawa hikmah lain, setuju?

Biasanya, jika membuat cake ini, aku menggunakan margarin atau butter. Penasaran bagaimana rasanya jika menggunakan minyak sayur, maka aku ganti si margarin dengan minyak goreng. Rasanya lebih ringan, gurihnya tidak terlalu berasa karena penggunaan garamnya juga tidak banyak. Overall, aku lebih cocok dengan kue yang menggunakan minyak goreng. Do you know anybody, gimana rasanya jika tepung ketan hitam kita ganti dengan tepung ketan putih atau tepung beras? Oh, tell me if you did. 

Oke, Pe eR berikutnya adalah membuat kue bolu kukus ketan putih. Stay Tuned ya^^.
Resepnya aku link lagi ya ke posting sebelumnya. Klik di sini. Ganti margarin dengan minyak sayur atau minyak goreng. Tambahkan 50 gram keju cheddar parut, cokelat putih yang dilelehin, dan cherry merah untuk topping. Nggak mau pake 3-3nya? Pilih saja salah satunya yang kamu suka. Punya ide lain? Ya, butter cream atau whipped cream juga cocok lo. Yang nggak cocok buat topping itu, sambel, hehe, kidding.

Oh ya, aku bikinnya cuma setengah resep ya. Loyangnya menggunakan loyang brownies ukuran 30x10cm. Oh, dear, it's a simple and easy recipe. Kocok bahan, panasin kukusan, kukus, matang, dan makaaaann^^.

Comments

Popular Posts