Blueberry White-Choco Puding

Hayy every body, gimana nih kabar pagi ini? Dari semalam ampe sepagi ini hujannya betah di Jakarta khususnya di wilayah tempat tinggalku, Matraman. Pagi ini hujannya, kalau dalam bahasa kampungku, 'maagah-agah' (baca: ngegodain). Means, sebentar hujan sebentar reda. Jadi bingung mau ke halte tempat nunggu jemputan apakah akan dianter suami pakai motor atau jalan kaki -pakai payung tentunya. Yang jelas naik angkot udah nggak mungkin banget karena kemacetan akibat kereta api sudah mengular sepanjang setengah sampai 1 km.

Akhirnya separuh jalan dianter suami (hujannya lumayan reda pas berangkat) dan separuh jalan lagi, ya terpaksa goyang lutut karena hujan mulai mengguyur lagi. Alhamdulillah tinggal ketinggalan jemputan dan sekarang lagi posting nih, hehe. Eniweyy, hari ini suamiku akan mengikuti ujian progresif Bab III. Semoga semuanya berjalan lancar, aamiin.

Posting kali ini adalah tentang puding yang aku buat hari Jumat lalu. Blueberry White-Choco Puding. Niat awalnya hanya ingin memanfaatkan susu cair dan agar bubuk serta jeli yang di kulkas untuk hidangan di saat liburan. Tapi ketika pudingnya sudah jadi, ternyata aku ingat masih punya stok selai blueberry. Biar cantik, aku tambahkan heavy cream dan chocolate chip. Sluurrpp, hmm, segerr^^.


Let's talk about the recipe
Blueberry White-Choco Puding
by Uni Cakes
Bahan:
Choco Puding:
1 bungkus agar bubuk cokelat
1/2 kaleng SKM
650 ml air

White Puding:
1 bungkus agar bubuk plain
1/2 kaleng SKM
650 ml air

Topping:
100 gram selai blueberry
150 ml whipping cream, kocok hingga kaku
1 sdm air
30 gram chocolate chip

How To:
Choco Puding
1. Di dalam panci, aduk rata air dan susu kental manis, masukkan agar bubuk, aduk rata;
2. Masak hingga mendidih sambil terus diaduk;
3. Tuang ke dalam wadah/cetakan agar/gelas/cup puding, biarkan dingin.

White Puding
1. Di dalam panci, aduk rata air dan susu kental manis, masukkan agar bubuk, aduk rata;
2. Masak hingga mendidih sambil terus diaduk;
3. Tuang perlahan di atas puding cokelat yang mulai mengeras, biarkan dingin;
4. Simpan puding yang sudah berlapis di dalam kulkas.

Penyelesaian:
1. Sisihkan 20 gram selai blueberry, panaskan bersama 1 sdm air, aduk hingga larut, sisihkan;
2. Keluarkan puding dari dalam kulkas, isikan selai blueberry di permukaannya, ratakan;
3. Spuitkan whipping cream menggunakan tip #1M (atau sesuaikan);
4. Siram dengan selai blueberry yang telah dilarutkan bersama air (jangan terlalu banyak);
5. Taburi choco chips.

Pembaca yang budiman (udah kayak keynote speaker belom, hehe), menyajikan hidangan yang istimewa untuk keluarga bukanlah yang sulit ternyata ya... Tinggal intip isi kulkas, campur-campur, masak di atas api/oven, padu-padankan, jadi deh hidangan istimewa a la koki rumah, hehehe.

Aku masih selalu penasaran dengan resep puding lainnya nih. Membuat puding memang agak susah-susah gampang apalagi puding lapis. Hanya saja, aku nggak pernah kapok bikin puding walaupun gagal. Karena toh, masih tetap bisa dimakan, selama ini. Bentuknya tidak karuan, tapi rasanya tetap mantap. Beda kalau bikin kue, sekali bantat, hadewww, mau dimakan sih masih oke, tapi gampang eneg. Ada juga orang yang suka tekstur kue yang bantat. Selera sih ya... So, tunggu kreasi puding Uni Cakes berikutnya ya, stay tuned^^.


Comments

Popular Posts